Wuih… Jakarta-Tanjung Lesung cuma 1,5 Jam

by -

METROPOLITAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) me­nyatakan keberadaan Jalan Tol Serang-Panimbang bakal memangkas perjalanan darat dari Jakarta menuju Tanjung Lesung dari 4-5 jam menjadi 1,5 jam atau maksimal 2 jam.

Jokowi menyebutkan, dengan pemangkasan lebih dari se­tengah waktu tempuh yang dibutuhkan saat ini, maka Tanjung Lesung bakal dipan­dang ’seksi’ sebagai objek wisata. Dengan itu, ia berha­rap objek wisata masyarakat Jakarta ke depannya tidak hanya di daerah Bogor dan sekitarnya. ”Kita harapkan kemacetan-kemacetan yang ada di Lebak, di Pandeglang, di Serang bisa kita urai,” ka­tanya, kemarin.

Tak hanya itu, Jokowi juga yakin tol yang ia targetkan 100 persen rampung akhir 2023 itu nantinya bakal ikut mem­bawa investor berinvestasi di Banten dan Kawasan Eko­nomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

”Kan seperti antara ayam dan telur. Kalau jalannya ng­gak ada karena orang investa­si mikir-mikir karena dari Jakarta ke Tanjung Lesung butuh cepat, kalau sekarang berapa jam? Bisa 4-5 jam,” katanya.

Diketahui, Jokowi meresmi­kan akses Jalan Tol Serang-Panimbang, Seksi I Serang-Rangkasbitung di Kabupaten Lebak, Kecamatan Rangkas­bitung, Banten. Untuk tahap pertama, baru Jalan Tol Sek­si I Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer (km) yang dinyatakan siap bero­perasi.

Tol Serang-Panimbang di­bagi tiga seksi yang terbentang sepanjang 83,67 Km dengan pembagian seksi I dan II atau Serang-Cileles sepanjang 50,67 Km dan seksi III Cileles-Pa­nimbang sepanjang 33 Km.

Cara Menghitung Kenaikan Tarif Tol Jokowi menyebut ketiga ruas Jalan Tol Pa­nimbang ditargetkan rampung akhir 2023. Ia berharap keha­diran tol bisa memperlancar arus barang dan orang.

Pembiayaan tol berasal dari sindikasi perbankan se­nilai Rp8,58 triliun khusus untuk dua seksi pertama. Lalu untuk seksi III berasal dari konstruksi pemerintah dengan biaya mencapai Rp4,6 triliun.

Investor utama proyek ada­lah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT PP (Persero) Tbk dan sindikasi bank terdiri dari PT Bank Mandiri (Per­sero) Tbk, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Bank Panin Dubai dan lain-lain. (cn/tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *