Akhirnya Insentif Guru Honorer di Bogor Naik Juga

by -
Ketua PGH Kabupaten Bogor Tohirudin. Gifar/Metropolitan

METROPOLITAN.id – Penantian guru honorer di Kabupaten Bogor akhir terwujud, setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, menaikkan anggaran kesejahteraan pegawai (kespeg) untuk guru honorer sebesar Rp100 ribu pada tahun anggaran 2022.

“Tahun 2022, Pemkab Bogor menaikkan kespeg para guru dan tenaga kependidikan honorer dari Rp1,1 juta menjadi Rp1,2 juta,” kata Bupati Ade Yasin.

Berdasarkan data yang diterima, ada sebanyak 8.447 orang tenaga pendidik atau guru dan 1.635 orang tenaga kependidikan honorer pada jenjang Paud, SD, dan SMP serta Guru Madrasah yang akan menerima kenaikan insentif ini.

Menurut Ade Yasin, kenaikan insentif tersebut merupakan wujud daripada penghargaan dari Pemkab Bogor kepada para guru dan tenaga pendidik.

Baca Juga  Sosialisasi Pilkada, PPK Kemang Gelar Jalan Sehat

“Pada masa kepemimpinan saya, pendidikan menjadi program utama bahkan dalam urutan program Pancakarsa, dimana Karsa Bogor Cerdas menempati urutan pertama,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah mengungkapkan jika besaran insentif ditentukan menyesuaikan kemampuan anggaran pemerintah.

Dia pun berharap ke depan insentif ini bisa diberikan sebaik mungkin sebagai penghargaan kepada tenaga pendidik.

“Perjuangan seorang pendidik itu memang tidak bisa dinilai dengan uang, dengan insentif. Tapi kami berharap dengan insentif ini, para guru lebih semangat lagi dalam mengabdi, membantu pemerintah mencerdaskan anak bangsa,” kata Juanda.

Di tempat yang sama, Ketua PGH Kabupaten Bogor Tohirudin menjelaskan, kenaikan insentif tersebut tidak merata diterima tenaga pendidik honorer sebesar Rp1,2 juta.

Baca Juga  Jalur Puncak II Bukan Opsi, Harus Diperjuangkan

“Jadi tergantung masa kerja, kalau yang 5 sampai 20 tahun ke atas itu Rp1,2 juta. Untuk paling rendah itu Rp500 sampai Rp550 ribu dengan usia mengajar baru 1 sampai 2 tahun. Semuanya ada kenaikan, dan menurut kami itu penghargaan yang sangat adil, proporsional,” jelasnya.

Dia pun mengapresiasi atas apa yang diberikan Pemkab Bogor kepada para tenaga pendidik honorer.

“Kami sangat bersyukur atas perhatian pemerintah kepada tenaga pendidik honorer ini. Ini luar biasa, apalagi jumlah tenaga pendidik ini sangat banyak di Kabupaten Bogor,” kata Tohirudin. (far/b/mam)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.