Anak-anak di Bogor belum Bisa Divaksin, Terganjal Target 70 Persen Dosis Pertama

by -
Ilustrasi vaksinasi anak. (Ist)

METROPOLITAN.id – Kabupaten Bogor masih belum boleh menyuntikkan vaksin untuk anak-anak usia 6-11 tahun. Pasalnya, capaian vaksinasi dosis pertama untuk umum di Bumi Tegar Beriman belum mencapai 70 persen.

Berdasarkan aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hanya daerah yang capaian vaksinasi dosis 1 sebesar 70 persen boleh melakukan vaksinasi anak.

Sementara untuk Kabupaten Bogor, capaian vaksinasi dosis pertama baru mencapai angka 66 persen.

Kebijakan tersebut tertuang dalam surat edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Kementerian Kesehatan Nomor SR.01.02/4/3309/2021 tertanggal 13 Desember 2021.

“Dalam edaran itu, daerah yang bisa melakukan vaksinasi anak harus sudah melaksanakan vaksinasi dosis 1 sebesar 70 persen dari target. Kalau Kabupaten Bogor, baru sekitar 66 persen,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, Selasa (14/12).

Baca Juga  LAGI! LAPAK PEDAGANG KECIL DIACAK-ACAK

Dalam edaran tersebut, ada 9 daerah di Jawa Barat yang sudah diperbolehkan melakukan vaksinasi anak. Yakni Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Ciamis, Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi dan Kota Depok.

“Itu yang sudah bisa melaksanakan vaksinasi anak tahap pertama di Jawa Barat. Kabupaten Bogor belum termasuk,” katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kini sedang berusaha mendorong adanya revisi target vaksinasi di Kabupaten Bogor dari 4,2 juta menjadi 3,78 juta jiwa, atau 70 persen dari jumlah penduduk terbaru yakni 5,4 juta jiwa.

Sebab, target yang diberikan pemerintah pusat sebelumnya dinilai masih menggunakan hitungan jumlah penduduk lama, yakni 6 juta jiwa.

Baca Juga  Driver Ojol Bogor Dapat Hadiah Motor

“Tapi kita masih pakai target awal, jadi dosis 2 memang belum 70 persen. Kalau direvisi, kita sudah melebihi target,” tandas Mike. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.