Barcelona oh Barcelona

by -

METROPOLITAN – Barce­lona menelan kekalahan per­tama di bawah asuhan Xavi Hernandez. Menjamu Real Betis di jornada ke-16 Liga Spanyol musim ini, Memphis Depay dkk takluk 0-1.

Bermain di Camp Nou, Sa­btu (4/12), Barcelona coba menguasai laga dengan men­ekan Betis. Sejumlah peluang tercipta, termasuk empat tembakan Ousmane Dem­bele di babak kedua, namun Betis yang mengunci keme­nangan lewat gol tunggal Ju­anmi di menit ke-79.

Hasil ini membuat Betis naik ke peringakat ketiga klasemen sementara dengan 30 poin, sedangkan Barcelona ada di urutan ketujuh dengan 23 poin.

Betis sudah mengancam di menit ke-2. Hector Bel­lerin melepaskan crossing dan disambut oleh Ju­anmi, namun sundulan­nya bisa diamankan Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona balas menekan di menit ke-7. Philippe Cout­inho melepaskan tembakan jarak jauh, tetapi belum tepat sasaran. Menit ke-11, Cout­inho kembali memperoleh peluang usai menerima cros­sing Jordi Alba, tetapi sepa­kannya dihalau kiper Betis, Rui Silva.

Baca Juga  Perebutan Puncak Klasemen La Liga Memanas

Betis kembali menyerang. Bellerin gantian menembak dari luar kotak penalti, namun ia pun gagal mengarahkan bola ke gawang Barcelona.

Menit ke-30, Gavi terjatuh usai bola sapuan Bellerin menghantam kepalanya. Ia sempat mendapat penanganan di lapangan, dan akhirnya digantikan Riqui Puig enam menit kemudian karena tak mampu melanjutkan pertan­dingan.

Betis tak berhenti menyerang Barcelona, meski sulit me­nembus kotak penalti. Aitor Ruibal juga melakukan tem­bakan jarak jauh di menit ke- 37, tetapi bola melambung di atas mistar. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Betis men­cetak gol di menit ke-52, usai sontekan Juanmi yang me­manfaatkan crossing Ruibal berhasil mengecoh Ter Stegen, namun ternyata Juanmi sudah offside terlebih dahulu.

Baca Juga  Barca Kontrak Messi ’Seumur Hidup’

Menit ke-56, Abdessamad Ezzalzouli menggiring bola dari sisi kanan menuju kotak penalti lalu terjatuh saat mendapat gangguan dari An­dres Guardado. Wasit melihat hal tersebut bukan pelang­garan.

Ousmane Dembele menda­pat peluang bagus di menit ke-61. Ia melepaskan tem­bakan kaki kanan dari tepi kotak penalti, namun me­lenceng tipis di sisi kiri ga­wang Betis. Semenit kemu­dian, pemain Prancis itu kembali melepaskan long shoot, tapi kembali gagal berbuah gol.

Masuknya Dembele memang menyegarkan lini depan Bar­celona, namun gol yang di­cari tak kunjung didapat. Dua kali ia mendapatkan posisi menembak dari sisi kanan pada menit ke-76 dan 77, se­muanya melenceng tipis di sisi kiri gawang Betis.

Baca Juga  Serasa Final

Kegagalan ini menghukum Barcelona, karena Betis ke­mudian berhasil mencetak gol di menit ke-79. Lewt se­rangan balik, Sergio Canales membuat barisan belakang Barcelona terpaku olehnya, namun dengan jeli ia langsung mengumpan bola kepada Cristian Tello.

Tello mengubah arah se­rangan dari kanan ke kiri, memberi umpan matang ke­pada Juanmi yang bebas tak terkawal, untuk kemudian menaklukkan Ter Stegen.

Kali ini golnya sah, 1-0 un­tuk Betis.Barcelona men­coba menyamakan kedudu­kan, namun hingga akhir laga, tak ada gol lagi yang tercipta. Betis menang 1-0. (dtk/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.