Belum Setahun, Sudah 267 Kasus HIV Positif Baru Muncul di Kota Bogor

by -
ILUSTRASI (Foto:Dimas Maulana/Jawa Pos)

METROPOLITAN.id – Bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember lalu, Kota Bogor rupanya belum bisa lepas dari kasus HIV/AIDS.

Meskipun masih dalam kondisi Covid-19, kasus HIV/Aids baru di Kota Bogor terus bertambah. Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, muncul 267 kasus baru HIV positif pada periode Januari-Oktober 2021.

“HIV positif di Kota Bogor sampai Oktober 2021 berjumlah 267 orang, itu kasus baru yang muncul pada periode itu. Sedangkan kasus AIDS pada Januari hingga Oktober 2021 berjumlah 92 kasus,” kata Sekretaris Dinkes Kota Bogor Erna Nuraena kepada Metropolitan.id, Kamis (2/11).

Jika membandingkan dengan kasus baru pada dua tahun belakangan, jumlah itu memang lebih sedikit ketimbang kasus baru pada 2019 ataupun pada 2020.

Baca Juga  Wakil Wali Kota Bogor Pelototi Polemik Sewa Makam TPU Kayumanis

Erna memaparkan, kasus HIV positif baru pada tahun 2020 berjumlah 364 orang. Sedangkan kasus baru HIV positif pada tahun 2019 sebanyak 443 orang.

Ia menjelaskan, Kota Bogor memberikan layanan Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP), yakni strategi pengendalian HIV/AIDS melalui pengobatan dengan meminum obat Terapi Antiretroviral (ARV) dalam penanganan HIV/AIDS.

“Untuk ODHIV(Orang Dengan HIV) on ARV atau yang sedang dalam penanganan pada periode Januari sampai Oktober 2021, jumlahnya yakni 1.450 ODHIV,” tukasnya.

Menurutnya, pengendalian HIV/AIDS merupakan program nasional yang harus dilaksanakan di seluruh Unit Pelayanan Kesehatan termasuk Puskesmas dan Rumah Sakit.

“Adapun Layanan PDP di Kota Bogor tersedia di 8 Puskesmas antara lain Puskesmas Bogor Selatan, Puskesmas Bogor Timur, Puskesmas Bogor Tengah, Puskesmas Sempur, Puskesmas Sindang Barang, Puskesmas Kedung Badak, Puskesmas Warung Jambu, Puskesmas Tanah Sareal dan 5 Rumah Sakit antara lain RSUD Kota Bogor, RSMM, RS Medika Dramaga, RS PMI, dan RS Melania,” tutup Erna. (ryn)

Baca Juga  ASB Ingatkan Evaluasi Capaian Pembelajaran Pada Program Wifi Publik Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published.