Bikin Banjir, Warga Lumpang Protes Pembangunan Perumahanta

by -

METROPOLITAN – Warga Kampung Cijapar, RT 01/04, Desa Lumpang, Kecamatan Parungpanjang, mengeluhkan pembangunan saluran air oleh salah satu perumahan swasta di desa setempat. Dalam reka­man video yang beredar, nam­pak seorang wanita paruh baya berada di lokasi. Meski mem­protes, pengembang terus membangun pondasi tanpa memikirkan dampak banjir.

Salah seorang warga, Agus Kurniawan, mengungkapkan, akibat pemasangan pondasi tersebut, maka saat hujan turun air yang tidak memiliki saluran menerjang rumah warga yang ujungnya jadi penyebab banjir.

”Terakhir sudah dua kali rumah kita kebanjiran. Ada lima rumah warga yang jadi korban banjir. Kita sudah pro­tes, tapi pengembang peru­mahan tidak peduli,” ungkap Agus Kurniawan kepada Met­ropolitan, kemarin.

Baca Juga  Cerita Sekuriti Perumahan Evakuasi Warga, Selamatkan Gadis yang Menangis Terjebak di Atas Kasur

Menurutnya, warga memin­ta pengembang perumahan terlebih dulu membuat saluran air. Namun sepertinya keluhan warga itu tidak digubris. Kelu­han warga terdampak banjir sudah dilaporkan ke kepala desa (kades) Lumpang.

”Kalau dibiarkan terus pembangunan pondasi di perumahan itu, dampak ban­jir bisa makin meluas. Kita minta bantuan aparat agar tidak terus dirugikan dan menjadi korban banjir dari dampak giat pembangunan perumahan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kades Lum­pang, M Rodis Faisal, menga­kui jika Pemdes Lumpang telah menerima keluhan dan protes warga terkait hal tersebut. ”Iya, kita sudah dapat laporan war­ga. Kita juga sudah kirim surat resmi ke pihak pengembang perumahan untuk minta pen­jelasan. Surat itu kita tembus­kan juga ke kecamatan,” ujarnya.

Baca Juga  Jalan Lebak Parung Sering Banjir

Terkait hal itu, pihak peng­embang, Widi, mengaku akan merespons protes dari warga. “Tapi saat ini semua pekerja sedang libur, jadi kita menung­gu semua pekerja masuk,” katanya. Menurutnya, keja­dian ini perlu dicek dan ricek permasalahannya di mana. Sehingga nanti penanganan­nya bisa berbeda. ”Untuk melakukan penanganan itu, kita perlu cek ke lokasi dan saya akan konfirmasi ke POD karena penanganan di sana. Pasti nanti akan kita respons,’’ pungkasnya. (sir/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.