Bogor Barat Sering Macet, Ini Solusi Pemkab Bogor

by -
Ilustrasi kemacetan. (Arifin/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Kawasan Bogor Barat masih dihantui kemacetan setiap harinya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengatasi persoalan menahun tersebut.

Anggota Komite Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar mengatakan, kemacetan di Bogor Barat terjadi karena ada sejumlah titik keluar-masuknya kendaraan.

Total, ada 12 titik kemacetan dan lima di antaranya dalam kondisi cukup parah.

“Kemacetan di Bogor Barat ini terjadi karena ada keluaran dan beberapa titik kemacetan. Di antaranya mulai dari dramaga, kemudian Cibanteng, Cinangneng, Cikampak, Ciampea, Cibatok, Cibungbulang dan Leuwiliang. Kalau dihitung dari beberapa kecamatan itu, ada 12 titik kemacetan dan 5 yang memang sangat krodit titik kemacetannya,” ujar pria yang karib disapa Gus Udin ini, Rabu (15/12).

Baca Juga  Minta Warga Tenang, Ridwan Kamil : 40 Persen Hewan Ternak di Jabar Terpapar PMK Dinyatakan Sembuh

Menururnya, ada beberapa langkah yang telah disiapkan Pemkab Bogor untuk mengatasi kemacetan di Bogor Barat.

Langkah jangka pendeknya, Pemkab Bogor akan menempatkan petugas di titik-titik keluar-masuknya kendaraan

“Kedua akan melakukan pembatasan jam operasional, seperti yang ada di Gungungsindur yang diberlakukan untuk truk besar. Itu untuk jangka pendeknya,” terangnya.

Sementara untuk langkah jangka panjang, Pemkab Bogor berencana membuka jalan atau melanjutkan Jalan Lingkar Dramaga sesi II dari Dramaga menuju Cikampak.

Selanjutnya, Pemkab Bogor juga bakal mempercepat pembangunan jalan Rancabungur – Galuga.

“Sehingga nanti masyarakat atau pengguna jalan dari Leuwiliang atau Leuwisadeng tidak perlu lewat Cibungbulang, melainkan bisa langsung lewat akses Galuga ke Rancabungur,” tandas Gus Udin. (fin)

Baca Juga  Soal Temuan BPK, Plt Bupati Bogor Minta ULPBJ Selektif Pilih Konsultan Pengawas

Leave a Reply

Your email address will not be published.