Cegah Kerumunan, Bogor Matikan Lampu PJU di 30 Titik Pusat Kerumunan

by -
Wali Kota Bogor Bima Arya. (Dok. Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut, pihaknya bersama jajaran Forkopimda Kota Bogor akan mengambil langkah tegas untuk mencegah kerumunan pada saat malam perayaan tahun baru 2022, Jumat (31/12).

 

Salah satunya yakni mematikan lampu penerangan jalan umum (PJU) hingga menutup taman yang ada di wilayah Kota Bogor.

 

“Khusus malam tahun baru agar dimaklumi oleh warga apabila kami (akan) melakukan tindakan-tindakan yang sifatnya preventif, misalnya mematikan lampu penerangan jalan, menutup taman dan lain-lain,” kata Bima Arya kepada wartawan, Kamis (30/12).

 

“Jadi setiap ada potensi tempat untuk berkumpulnya warga kita antisipasi dengan menutup dan mematikan lampu,” sambungnya.

 

Tak hanya itu, menurut Bima Arya, pihaknya juga akan melakukan penyekatan atau penutupan jalan di beberapa ruas menuju ke pusat Kota Bogor.

Baca Juga  Tegas, Satpol PP Jaktim bakal Bongkar Portal Cibubur Indah 3

 

“Nanti secara insidental oleh kepolisian (dilalikan penutupan jalan) di sekitaran SSA, Pajajaran dan Juanda,” ucapnya.

 

Atas hal itu, Bima mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perayaan sepanjang malam pergantian tahun baru 2022. Sebab, jika ditemukan ada perayaan, jajaran Forkopimda akan melakukan tindakan di tempat.

 

“Langsung akan ditindak ditempat, jadi patroli dilakukan bukan saja di tingkat kota tapi juga di tingkat wilayah,” imbuh Bima Arya.

 

“Babinsa, Babinkamtibmas, Danramil dan Kapolsek akan berkeliling di tingkat wilayah untuk membubarkan kerumunan, menertibkan apabila ada perayaan,” ujarnya.

 

Sementara itu, adapun 30 titik yang diperkirakan jadi pusat kerumunan di wilayah Kota Bogor. Terdiri dari enam titik di Kecamatan Bogor Tengah. Lalu, lima titik di Kecamatan Bogor Timur.

Baca Juga  Polisi Parungpanjang Amankan Siswa Hendak Tawuran, Ada yang Bawa Golok dan Gergaji

 

Kemudian, lima titik di Kecamatan Bogor Utara. Lalu, enam titik di Kecamatan Tanahsareal. Selanjutnya, empat titik di Bogor Barat. Terakhir, empat titik di Bogor Selatan.

 

“Iya benar,” saat ditanya terkait 30 titik pusat kerumunan yang PJU-nya akan dimatikan saat malam tahun baru 2022 besok.

 

Hal senada juga diungkapkan Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro. “30 titik di Kota Bogor (ini) yang akan menjadi prioritas pengawasan kami,” kata Kapolresta.

 

Tak hanya itu, menurut Kapolresta, untuk mengurangi kepadatan dan kerumunan Satgas Covid-19 Kota Bogor akan memberlalukan rekayasa arus laluintas dengan menutup ruas jalan protokol Pajajaran dan SSA.

 

Kemudian, menyiapkan 12 titik pos penempatan tim gabungan mobile yang tersebar di enam kecamatan se-Kota Bogor, dengan tujuan dapat mencegah kerumunan di luar dan pusat kota.

Baca Juga  8 Daerah Ditetapkan Jadi Ibu Kota Kebudayaan

 

Adapun ke 12 titik pos penempatan tim gabungan mobile yang diperkuat 360 personil kepolisian itu terdiri di Bogor Selatan ada di Plaza BNR dan Batu Tulis. Lalu, di Bogor Timur ada di Jalur R3 dan Simpang Wangun.

 

Kemudian, di Bogor Tengah ada di Pasar Merdeka dan Tentara Pelajar. Selanjutnya, di Bogor Barat ada di Jalur Gunung Batu dan Simpang Yasmin. Lalu, di Tanah Sareal ada di Jalur Solis dan Pasar TU. Terakhir, di Bogor Utara ada di Taman Corat Coret dan Jembatan Cinta. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published.