Dosen dan Mahasiswa Unida Ajari Remaja Sukabumi Bikin Konten Video

by -
METROPOLITAN.id – Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Djuanda Bogor yang melibatkan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat berbasis penelitian di Desa Wisata Sinar Resmi Cisolok, Sukabumi.  Berbagai kegiatan dalam penerapan program Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui pengabdian masyarakat ini diselenggarakan sejak 12 Desember 2021 hingga Desember 2021.
Salah satu bentuknya menggelar penyuluhan Literasi Digital melalui Akses Informasi dengan Teknologi Media Sosial. Penyuluhan ini salah satu kegiatan dalam program hibah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Tim pengabdi sebagai pemateri yang hadir yaitu Maria Fitriah dan Faisal Tri Ramdani memberikan edukasi kepada para pemuda Kasepuhan Sinar Resmi. “Mudah dan cepatnya akses informasi membutuhkan edukasi terhadap literasi kepada masyarakat dalam penggunaan media sosial, termasuk pemuda sebagai kaum milennial di era digital,” ujar Maria Fitriah di sela-sela penyajian materi, Senin (21/12/21)
Menurut dia, media sosial memiliki beragam fitur-fitur untuk mengakses informasi dalam sasaran yang lebih luas. “Sangatlah perlu meningkatkan literasi digital sebagai media komunikasi kepada masyarakat, baik dalam penggunaan Instagram, YouTube, maupun Tiktok.
Faisal Tri Ramdani menambahkan, membuat konten video adalah hal yang paling harus disiapkan selain pemilihan angle sebagai konsep serta proses editing yang baik. Dengan konsep  yang baik, kita dapat membuat video yang unik dan berbeda sehingga akan mendapat respon lebih luas dari orang yang melihatnya.
Para pemuda Kasepuhan Sinar Resmi yang menjadi sasaran penyuluhan edukasi ini. Para peserta begitu antusias menyimak. Mereka mayoritas sudah mengenal dan memiliki media sosial. Meskipun begitu, mereka belum sepenuhnya memahami konten-konten yang layak dan menarik sebagai informasi yang baik dikonsumsi.
Seperti yang diungkapkan salah seorang pemuda Kasepuhan Sinar Resmi sebagai peserta penyuluhan, Bagus (27). Ia bersyukur adanya kunjungan tugas dari Universitas Djuanda Bogor yang  memberikan penyuluhan media sosial bagi kaum milenial.
“Alhamdulillah sudah berjalan lancar. Tadinya sebatas garis besarnya saja. Sekarang sudah mendapatkan ilmu yang luar biasa setelah pemaparan dari para pemateri menambah spesifik mengenai cara membuat konten dan mengedit video. Terima kasih banyak yang sudah diberikan ilmunya kepada para remaja atau anak milenial Kasepuhan Sinar Resmi,” pungkasnya. (*/els)

Baca Juga  Setelah Nikah, Mantan pacar Ingin kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *