Kantor ATR/BPN Bogor Barat segera Diresmikan, Sudah Dicek DKPP, Fasilitas Pendukung Belum Rampung

by -

Dalam waktu dekat, kantor perwakilan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wilayah Bogor Barat bakal diresmikan. Bekas kantor Kecamatan Leuwiliang dipilih sementara menjadi kantor administrasi pertanahan tersebut.

UNTUK memastikan kera­pian kantor BPN, Kepala Bidang Pertanahan dari Dinas Perumahan Kawasan Permu­kiman dan Pertanahan (DP­KPP) Kabupaten Bogor Eko Mujiarto mendampingi ke­pala Bagian Tata Usaha (Ka­bag TU) Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Pro­vinsi Jawa Barat mengunjungi kantor perwakilan Bogor Barat, kemarin.

Eko berharap minimal ada dua kantor perwakilan per­tanahan dengan satu kantor induk ATR/BPN di Kabupaten Bogor agar masyarakat lebih terlayani.

”Minimal ada tiga kantor pertanahan di Kabupaten Bogor sebagai induk agar le­bih bisa memberikan pelaya­nan kepada masyarakat. Yang pertama sudah dilakukan di wilayah timur. Saat ini kita memfinalkan bersama-sama dengan kanwil untuk persia­pan peninjauan lapangan, mengenai kesiapan sarana prasarana yang ada di lapangan untuk segera launching (pe­luncuran, red) dalam waktu dekat ini,” katanya.

Baca Juga  Fadli Zon Jawab 10 Pertanyaan Bawaslu

Eko menjelaskan dua per­wakilan kantor pertanahan induk bisa menjadi persiapan untuk menghadapi persiapan daerah kabupaten baru. Da­ri Bogor Timur sudah ada calon daerah persiapan Ka­bupaten Bogor Timur. Sedang­kan wilayah barat karena keduanya sudah ada di pusat, tinggal menunggu kajian pu­sat. Minimal pelayanan menge­nai pertanahan sudah siap.

Jika penunjangnya sudah layak, Eko mengaku hanya beberapa kekurangan yang masih perlu dimaksimalkan. Seperti listrik, tempat ruangan arsip, dan sebagainya.

”Semoga dalam waktu dekat ini sudah dapat ditangani, termasuk tempat parkir akan dilakukan penataan. Sehing­ga nantinya bisa memenuhi untuk kebutuhan masyarakat. Manakala datang ke kantor pertanahan, lebih nyaman dengan mengutamakan kea­manan,” tambahnya.

Kepala Bagian Tata Usaha ATR/BPN Kanwil Provinsi Jawa Barat Riyadi mengaku kehadirannya memastikan kantor yang baru dapat men­jangkau masyarakat dengan merasakan pelayanan yang lebih baik.

Baca Juga  BPN Jelaskan soal Ramai Video Sandiaga Diteriaki Pedagang

”Kami memastikan segala sesuatunya, termasuk gedung sarana penunjang dan lain-lain. Termasuk kawasan penyangganya sudah sangat siap. Semoga masyarakat Bo­gor Barat merasakan pelaya­nan pertanahan yang lebih baik,” harapnya.

Riyadi melanjutkan, di Ka­bupaten Bogor baru ada dua yakni di Bogor Timur sudah berjalan setahun lebih dan dalam waktu dekat bakal diu­sulkan definitifnya sambil menunggu pemekaran wi­layah.

”Kemudian yang Bogor Ba­rat sambil menunggu peme­karan dari Mendagri. Kita siapkan sebagai rumah laya­nan dulu. Nanti secara ber­jenjang kita akan lakukan pembukaan kantor perwaki­lan pertanahan di Bogor Ba­rat,” pungkasnya. (ads/c/els/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.