Kegiatan Abdimas di Kecamatan Rancabungur, Dosen Sekolah Vokasi IPB Bantu Pemdes Bantarjaya Bikin Video Profil Desa

by -

Tim dosen program studi Komunikasi Sekolah Vokasi IPB melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (Abdimas) di Desa Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor. Kegiatan Abdimas ini menghasilkan video profil desa berbasis Data Desa Presisi (DDP).

MEWAKILI pemerintah desa (pemdes), Wahid menga­presiasi kegiatan pengabdian masyarakat dari Sekolah Vo­kasi IPB ini. “Kami senang, karena kegiatan ini adalah lanjutan dari program DDP sebelumnya. Ini membuat informasi yang ada di desa kami kini tak hanya berupa dokumen, tapi juga mempu­nyai profil desa dalam bentuk video,” ujarnya.

Selanjutnya, Wahid berharap dengan adanya video profil desa berbasis DPP ini akan memudahkan pemerintah desa dalam menentukan ber­bagai perencanaan kebijakan dan implementasi program pembangunan berkelanjutan secara tepat sasaran. Terlebih, informasi video ini juga akan digunakan sebagai informasi untuk pemerintah daerah dan pusat dalam menjalankan program pembangunan desa, khususnya di Bantarjaya agar efektif dan efisien.

Baca Juga  Pemkot Bogor - IPB University Sepakat Bangun Kawasan Agrowisata Halal, Ini Lokasinya

“Video ini adalah gambaran yang real dari keadaan desa kami. Semoga video ini da­pat membantu pemerintah daerah dan pemerintah pu­sat dalam menentukan pro­gram yang menyejahterakan masyarakat, khususnya bagi desa kami,” ujar Wahid kepada Metropolitan, kema­rin.

Kegiatan Abdimas ini ber­langsung dari September- Desember 2021. Metode da­lam pembuatan video terdiri dari praproduksi, produksi dan pascaproduksi. Dosen yang terlibat dalam proses produksi video ini berasal dari program studi komuni­kasi yang terdiri dari Abung Supama Wijaya, Suparman, Hari Otang Sasmita dan Bayu Suriaatmaja. (*/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.