Kemendikbudristek Minta Pembagian Rapor Mulai Januari

by -

METROPOLITAN – Warga pendidikan akan memasuki masa libur semester 1/2021. Hal itu bertepatan dengan momentum Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022 (Na­taru). Terkait hal itu, pemerin­tah telah membuat sejumlah kebijakan untuk menganti­sipasi penyebaran Covid-19. Salah satunya Instruksi Men­teri Dalam Negeri (Inmen­dagri) Nomor 62 Tahun 2027 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 saat Nataru.

Dalam aturan itu disebut­kan pembagian rapor semes­ter 1 diminta dilakukan pada Januari 2022. Inmen­dagri itu pun diperkuat Ke­menterian Pendidikan, Ke­budayaan, Riset dan Tekno­logi (Kemendikbudristek) dengan Surat Edaran (SE) Nomor 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembela­jaran Menjelang Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Baca Juga  Sdn Batu Tulis 1 Ciptakan Lingkungan Bersih

SE tersebut sudah ditan­datangani Sekjen Kemen­dikbudristek Suharti pada 1 Desember.

Lalu, sekolah juga diminta tidak meliburkan secara khu­sus pada periode libur Nataru. Yakni pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. ”Tidak meliburkan secara khusus kegiatan pendidikan di sa­tuan pendidikan selama pe­riode Nataru pada 24 Desem­ber 2021 sampai 2 Januari 2022,” tulis SE tersebut.

Dalam melakukan kegiatan pembelajaran pun, sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang lebih ketat di satuan pendidikan dengan pendekatan 5M. Di antaranya memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas serta menghindari kerumunan. Selanjutnya melakukan 3T, yakni testing, tracing dan treatment. (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.