Kota Bogor Dikepung 107 Bencana Kebakaran, Paling Banyak gegara Korsleting Listrik

by -

METROPOLITAN – Warga Bogor harus tetap berhati-hati di rumah maupun di lingkungan. Sebab, bencana kebakaran rupanya masih sering terjadi di Kota Bogor. Dari data Pemadam Kebaka­ran (Damkar) pada Satpol PP Kota Bogor, sejak awal 2021 hingga November tercatat sudah terjadi 107 kejadian kebakaran. Paling banyak disebabkan korsleting listrik.

Dari 107 kejadian kebakaran selama sebelas bulan terakhir ini, 50 peristiwa kebakaran terjadi akibat korsleting listrik.

Disusul 11 keja­dian kebakaran karena berada di Cibinong Raya. bakar-bakar sampah serta 10 kejadian kebakaran karena kebocoran gas. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Damkar pada Satpol PP Kota Bogor, Mochamad Ade Nugra­ha.

Menurutnya, dalam 107 kejadian kebakaran yang 50 kebanyakan diakibatkan korsleting listrik, kelalaian manusia juga masuk salah satu penyebabnya. “Ada em­pat kejadian yang diakibat­kan kelalaian manusia atau human error. Salah satunya di bulan April, ada yang lupa mematikkan puntung rokok di dalam rumahnya. Sehingga dari puntung rokok itu menyebabkan api mer­ambat ke seluruh bagian rumah,” terangnya saat di­hubungi Metropolitan, Se­lasa (30/11).

Baca Juga  Asmara Kaesang Pangarep Jadi Perbincangan, Jokowi Ikut Terseret

Agar tak terjadi kebakaran, Ade mengimbau masyarakat Kota Bogor selalu waspada saat ingin bepergian keluar rumah. “Biasakan sebelum meninggalkan rumah pe­riksa kompor, periksa listrik dan lainnya. Harus teliti. Harus menghemat listrik juga. Cabut stop kontak benda elektronik yang tidak dipakai,” tukasnya. (far/c/ eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.