Kota Bogor Pede Naikkan Target Pajak Daerah Tahun Depan, Tembus Rp774 M

by -
ILUSTRASI pembayaran pajak PBB di Kota Bogor. (Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Meskipun pandemi belum usai, Kota Bogor percaya diri bisa meraup pendapatan lebih tinggi pada 2022 ketimbang tahun ini.

Tercermin dari target Pajak Daerah yang ditetapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada Rancangan APBD 2022, yakni sebesar Rp774 miliar.

Angka itu pun lebih tinggi ketimbang target Pajak Daerah pada APBD 2021 murni sebelum perubahan, yakni ‘hanya’ Rp651,06 miliar.

“Untuk 2022, setelah diparipurnakan beberapa waktu lalu, (target Pajak Daerah Kota Bogor pada 2022) itu jadi Rp774 miliar,” kata Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor Lia Kania Dewi kepada Metropolitan.id, Rabu (8/12).

Ia menambahkan, penetapan jumlah itu pun mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan target Pajak Daerah sebelum di paripurnakan.

Baca Juga  Pangdam Hingga Kang Emil Cek Hari Pertama PSBB di Bogor, Begini Kondisinya

Saat penyampaian Rancangan APBD 2022 sebelumnya, kata Lia, usulan target Pajak Daerah Kota Bogor berjumlah Rp745 miiliar. Sehingga ada kenaikan sekitar Rp30 miliar dari usulan.

“Usulan pajak (daerah) saat paripurna penyampaian RAPBD 2022 itu Rp745 miliar. Nah setelah diparipurnakan itu jadi Rp774 miliar. Ada penambahan sekitar Rp30 miliar dari awal penyampaian sih,” jelas Lia.

Ia menjelaskan, target keseluruhan Pendapatan Daerah Kota Bogor pada tahun depan sendiri ditargetkan sebesar Rp2,3 triliun. Dari jumlah itu, target PAD Kota Bogor pada 2022 disepakati di angka Rp1,11 triliun.

Sebelumnya, Badan Anggaran (Banggar) Kota Bogor dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Bogor menyepakati APBD 2022 pada rapat paripurna 29 November lalu.

Baca Juga  Survei TBRC: Airlangga Hartarto Favorit Capres dari Kalangan Ketum Parpol

Diantaranya Pendapatan Daerah disepakati sebesar Rp2,31 triliun, yang terdiri dari PAD sejumlah Rp1,11 trilun dan Pendapatan Transfer sebesar Rp1,2 triliun. Sedangkan sektor Belanja Daerah disepakati Rp2,5 triliun.

“Sudah seimbang antara pendapatan dengan rencana belanja daerah Kota Bogor untuk tahun 2022,” kata Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto.

Menurutnya, ada sekitar 22 poin yang menjadi Program Prioritas Pengalokasian Belanja tahun anggaran 2022 di Kota Bogor, yang diantaranya dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur.

Yakni Pembebasan lahan Jalan Regional Ring Road (R3) dan Jalan Indobaso Cimahpar, lanjutan pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah, lanjutan pembangunan Masjid Agung, pembangunan Sarana Olahraga Kecamatan hingga pembangunan dan penataan pedestrian.

Baca Juga  Harga Daging hingga Telur di Bogor Masih Tinggi, Bos Pasar Prediksi Ada Lonjakan Lagi Jelang Lebaran

“Lalu pembangunan Pusat Kuliner, pembangunan infrastruktur wilayah, pembebasan lahan dan pembangunan Batutulis, anggaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pemohonan pembangunan sekolah baru, rehabilitasi bangunan sekolah rusak dan penambahan Ruang Kelas Baru (RKB),” imbuhnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.