Maksimalkan Pelayanan, Kantah Jaktim Getol Bikin Terobosan

by -

METROPOLITAN – Menga­tasi persoalan pertanahan Jakarta Timur (Jaktim) , Kantor Pertanahan (Kantah) Jaktim terus berbenah dengan mela­kukan berbagai terobosan pelayanan.

Kasubbag Kantor Pertanahan (Kakantah) Jakarta Timur, Mo­chammad Sauki, mengaku optimis tahun ini seluruh tanah di wilayah Jakarta Timur ter­daftar. “Saat ini sebanyak 379.744 sudah bersertifikat dari sejumlah bidang tanah yang terpetakan. Sementara sejumlah bidang tanah yang belum terdaftar ada 26.229 atau 5 persen dari total keseluruhan,” jelasnya. Untuk itu, melalui Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Timur secara simultan meningkatkan pelayanan ter­hadap masyarakat.

”Telah banyak pencapaian yang dilakukan dalam me­layani masyarakat. Salah sa­tunya dengan meningkatnya sarana-prasarana di lingkungan kantor Pertanahan Jakarta Timur,” sambungnya.

Sauki memaparkan, sarana dan prasarana itu meliputi fasilitas loket (loket penyerahan produk, loket prioritas, loket layanan pemetaan, loket kon­sultasi yuridis, manajer loket), layanan mandiri, ruang ber­main anak, ruang laktasi, cafe tanahku, mesin EDC/pem­bayaran, KTP reader, charging station, buku tamu online, access, IKM barcode, papan QR code, termosafe, sarana parkir, tempat ibadah toilet dan jalur disabilitas.

Baca Juga  Maksimalkan Pelayanan, Kantah Jaktim Getol bikin Terobosan

“Membuat fasilitas loket (lo­ket penyerahan produk, prio­ritas, pemetaan, konsultasi, konsultasi yuridis) dan layanan mandiri,” ungkap Sauki saat bincang santai dengan awak media.

Ada juga, sambung Sauki, ruang bermain anak, ruang laktasi dan cafe Tanahku. Tidak ketinggalan, mesin edc/pem­bayaran, KTP Reader, Charging Station dan buku tamu online serra access. Tampak juga ter­mosafe saat memasuki ruang depan pelayanan, IKM Barcode dan papan QR code.

Sauki menjelaskan, di bawah kepemimpinan Sudarman Harjasaputra, jajarannya terus meningkatkan pelayanan pu­blik yang lebih baik lagi. ”Se­bagai contoh tempat duduk rekan-rekan yang saat ini di­tempati adalah inspirasi be­liau saat berkunjung ke Italia, di mana tempat rapat di sini dibuat lebih santai sehingga yang mengikuti rapat men­jadi nyaman,” ujarnya.

Baca Juga  Maksimalkan Pelayanan, Kantah Jaktim Getol bikin Terobosan

“Selain pelayanan tersebut, kami juga membuka laporan melalui WhatsApp, di mana setiap masyarakat yang ingin mengadukan persoalan ter­kait pertanahan di Jakarta Timur bisa menghubungi hot­line kami di nomor 0811163801. Program itu dinamai Jakarta Quick Respon (Jakir). Melalui nomor itu masyarakat bisa mengadukan atau menanya­kan langsung kepada operator kami dan segera direspons dalam waktu cepat,” ungkap­nya.

Sasha, salah satu operator, mengungkapkan, setiap hari menerima aduan atau perta­nyaan dari masyarakat 100 hingga 200 orang. Semua per­tanyaan itu akan langsung disampaikan kepada bidang terkait agar semua masyarakat benar-benar bisa terlayani dengan baik dan benar.

“Bahkan tak jarang Pak Kakan sering duduk di sini untuk melihat langsung laporan dari masyarakat, sehingga be­liau bisa langsung menjawab pertanyaan atau keluhan ter­sebut. Adapun pertanyaan dari masyarakat itu akan kita jawab paling telat 3 x 24 jam,” terangnya.

Baca Juga  Maksimalkan Pelayanan, Kantah Jaktim Getol bikin Terobosan

”Dan, apabila warga Jakarta Timur ingin melakukan peng­aduan lewat online dapat mengakses melalui facebook (kantahjakartatimur), tweet (kantahkotjaktim), IG (@kan­tahkotajakartatimur),” tutur­nya.

Tak hanya itu, pihaknya juga memperkuat pelayanan dengan mengimplementasikan Pro­gram Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), di mana nantinya kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur akan membagikan 1.200 ser­tifikat kepada masyarakat pada 10 Desember 2021.

“Semoga rencana giat PTSL dan 1.200 sertifikat di Jakarta Timur yang dilaksanakan Menteri ATR/BPN minggu depan dapat dilaksanakan dengan lancar,” tandasnya. (tob/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.