Maksimalkan Pelayanan, Kantah Jaktim Getol bikin Terobosan

by -

METROPOLITAN.ID – Mengatasi persoalan pertanahan Jakarta Timur (Jaktim) , Kantor Pertanahan (Kantah) Jaktim terus berbenah dengan melakukan berbagai terobosan pelayanan. Kasubag Kantor Pertanahan (Kakantah) Jakarta Timur Mochammad Sauki mengatakan secara optimis tahun ini seluruh tanah di wilayah Jakarta Timur agar seluruhnya terdaftar.

“Saat ini sebanyak 379.744 sudah bersertifikat dari sejumlah bidang tanah yang terpetakan,” kata Sauki. Sementara, sambung Sauki, sejumlah bidang tanah yang belum terdaftar sejumlah 26.229 atau lima persen dari total keseluruhan. Untuk itu, melalui Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Timur secara simultan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Sauki mengatakan, telah banyak pencapaian yang dilakukan oleh kami dalam pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan meningkatnya saran prasarana di lingkungan kantor Pertanahan Jakarta Timur.

“Sarana dan prasarana itu meliputi fasilitas loket (loket penyerahan produk, loket prioritas, loket layanan pemetaan, loket konsultasi yuridis, manajer loket), layanan mandiri, ruang bermain anak, ruang laktasi, cafe tanahku, mesin EDC/pembayaran, KTP reader, charging station, buku tamu online, access, IKM barcode, papan QR code, termosafe, sarana parkir, tempat ibadah toilet dan jalur disabilitas,” ujarnya.

Baca Juga  PPP Bogor Utara Target Raih Dua Kursi di Pileg 2024

“Membuat fasilitas loket (loket penyerahan produk, prioritas, pemetaan, konsultasi, konsultasi yuridis), dan layanan mandiri,” ungkap Sauki, saat bincang santai dengan awak media.

Ada juga, sambung Sauki, ruang bermain anak, ruang laktasi dan cafe Tanahku. Tidak ketinggalan, mesin edc/pembayaran, KTP Reader, Charging Station dan buku tamu online serra access.

Tampak juga, termosafe saat memasuki ruang depan pelayanan, IKM Barcode dan papan QR code. Sauki menjelaskan dibawah kepemimpinan bapak Sudarman Harjasaputra, jajarannya terus meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik lagi. Sebagai contoh tempat duduk rekan-rekan yang saat ini ditempati adalah inspirasi beliau saat berkunjung ke Italia, dimana tempat rapat di sini dibuat lebih santai sehingga yang mengikuti rapat menjadi nyaman.

Baca Juga  Bima Arya Benarkan PAN Dijatah Kursi Menteri dan Wamen, Soal Namanya Masuk Bursa: Kita Serahkan ke Presiden

“Selain pelayanan tersebut, kami juga membuka laporan melalui WhatsApp dimana setiap masyarakat yang ingin mengadukan persoalan terkait pertanahan di Jakarta Timur bisa menghubungi hotline kami di nomor 0811163801 program itu dinamai Jakarta Quick Respon (Jakir). Melalui nomor itu masyarakat bisa mengadukan atau menanyakan langsung kepada operator kami dan akan segera direspon dalam waktu yang cepat,” ungkapnya.

Sasha, salah satu operator mengaku setiap harinya menerima aduan atau pertanyaan dari masyarakat 100 hingga 200 orang, semua pertanyaan itu akan langsung disampaikan kepada bidang terkait. Agar semua masyarakat benar-benar bisa terlayani dengan baik dan benar.

“Bahkan tak jarang Pak Kakan sering duduk di sini untuk melihat langsung laporan dari masyarakat, sehingga beliau bisa langsung menjawab pertanyaan atau keluhan tersebut. Adapun pertanyaan dari masyarakat itu akan kita jawab paling telat 3 x 24 jam,” sebut dia.

Baca Juga  Sekjen PMII: Kongres KNPI Hotel Sultan Akhiri Polemik

Dan, apabila warga Jakarta Timur ingin melakukan pengaduan lewat online. “Dapat mengakses melalui facebook (kantahjakartatimur), tweet (kantahkotjaktim), IG (@kantahkotajakartatimur).

Tak hanya itu, pihaknya juga memperkuat pelayanan dengan mengimplementasikan program Kementerian Agraria Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), dimana nantinya kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Timur akan membagikan sebanyak 1.200 sertifikat kepada masyarakat pada 10 Desember 2021 mendatangkan.

“Semoga rencana giat PTSL dan 1200 sertifikat di Jakarta Timur yang dilaksanakan Menteri ATR/BPN, minggu depan, dapat dilaksanakan dengan lancar,” tandasnya. (tob/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.