Malam Tahun Baru Jalanan Ditutup Serentak

by -

Malam pergantian tahun tinggal menghitung hari. Sejumlah jalan protokol di Kota/Kabupaten Bogor bakal ditutup serentak guna menekan jumlah kendaraan sekaligus kerumunan massa.

POLRESTA Bogor Kota be­rencana melakukan penutu­pan Jalan Pajajaran dan Sistem Satu Arah (SSA) Kota Bogor pada malam pergantian tahun, Jumat (31/12). Penutupan dilakukan untuk mengurangi kepadatan dan kerumunan masyarakat saat malam Tahun Baru 2022 nanti.

“Ini kami laksanakan pada pukul 22:00 WIB untuk men­gurangi kepadatan di kawasan tersebut,” kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Su­satyo Purnomo Condro usai menghadiri apel siaga PAM libur tahun baru bersama Forkopimda Kota Bogor di Jalan Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Rabu (29/12).

Untuk menyukseskan penutupan Jalan Pajajaran dan SSA pada malam tahun baru, pihaknya akan mendi­rikan enam titik pos rekayasa arus lalu lintas. Di antaranya, di Simpang Jambu Dua, Sim­pang McDonald Pajajaran, Bundaran Air Mancur, Irama Nusantara, Baranangsiang, dan Simpang Empang.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendirikan 12 titik pos penempatan tim gabungan yang akan patroli di enam kecamatan.

Baca Juga  Natal dan Tahun Baru Masih Diselimuti Pandemi, Masyarakat Diminta Tingkatkan Disiplin

“Ini kami siagakan juga. Se­hingga kita berharap pada malam pergantian tahun itu tidak menjadi faktor untuk penyebaran varian dan seba­gainya,” ucapnya.

Ke-12 titik pos penempatan tim gabungan mobile yang diperkuat 360 personel kepo­lisian itu terdiri di Bogor Se­latan di Plaza BNR dan Batu­tulis, Bogor Timur di jalur R3 dan Simpang Wangun, Bogor Tengah di Pasar Merdeka dan Tentara Pelajar, Bogor Barat di jalur Gunungbatu dan Sim­pang Yasmin, Tanahsareal di jalur Sholis dan Pasar TU, Bogor Utara di Taman Corat-Coret dan Jembatan Cinta.

“Dan kita juga berharap ma­syarakat sudah di rumah atau tidak melaksanakan kegiatan ke luar rumah sampai pukul 22:00 WIB,” tegasnya.

Di Kabupaten Bogor, bebe­rapa kawasan yang berpo­tensi menimbulkan kera­maian juga akan ditutup pada malam tahun baru. Salah satunya area Stadion Pakansari, di Kecamatan Ci­binong, Kabupaten Bogor.

Petugas gabungan Satpol PP dan TNI/Polri akan men­jaga penutupan area Stadion Pakansari mulai 31 Desem­ber 2021 hingga 2 Januari 2022. Satpol PP memastikan Pakansari steril dari segala aktivitas.

Baca Juga  Jalur Puncak Bogor Ditutup Sore Ini Mulai Pukul 6 Sore

”Pakansari tanggal 31 (De­sember, red), 1 dan 2 (Janu­ari, red) itu steril. Kita nggak ada aktivitas, tutup full untuk Pakansari,”terang Kasatpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho.

Selama tiga hari itu, Agus mengatakan, Stadion Pakan­sari Bogor bebas dari aktivitas warga. Warga tak boleh mela­kukan aktivitas olahraga dan berjualan.

”Tidak ada aktivitas, baik yang olahraga dan berdagang,” katanya.

Satpol PP sendiri mengera­hkan 550 personel untuk pengamanan. Nantinya akan tersebar di berbagai titik di Kabupaten Bogor.

”Personel yang kita turunkan kurang lebih total ini kan ada 550 untuk Satpol PP sendiri, menyebar di seluruh lokasi,”ujarnya.

Penutupan juga berlaku di kawasan Puncak. Polres Bogor akan memberlakukan pen­galihan arus lalu lintas untuk kendaraan roda empat di Simpang Pos Polisi IB atau setelah pintu keluar Gerbang Tol (GT) Ciawi menuju Ciawi-Sukabumi.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, pengalihan akan berlangsung 12 jam, mulai 31 Desember 2021 hingga 1 Ja­nuari 2022.

Kebijakan itu dilakukan guna meminimalisasi kepa­datan lalu lintas saat malam pergantian tahun.

“Jelang pergantian tahun nanti kita akan melakukan pengalihan arus kendaraan, dimulai dari Jumat (31/12/2021) pukul 18:00 WIB hingga Sabtu (1/1/2022) pu­kul 06:00 WIB,” jelas Harun dilansir NTMC Polri, Minggu (26/12).

Baca Juga  Tim Gegana Ikut Amankan Natal di Bogor

Kendaraan-kendaraan ter­sebut nantinya akan dialihkan menuju Ciawi-Sukabumi. Hal itu dilakukan guna memini­malisasi pergerakan orang atau pembatasan kendaraan pada malam tahun baru.

“Sehingga, diharapkan kun­jungan wisata dapat terken­dali dan mencegah penyeba­ran Covid-19,” harapnya.

Harun mengaku pihaknya telah menyiagakan petugas gabungan dari Polri/TNI, Di­nas Perhubungan, dan Satpol PP Kabupaten Bogor untuk melakukan pengamanan ke­tat bagi pelaku perjalanan yang menuju kawasan Puncak.

Petugas juga akan meme­riksa syarat perjalanan beru­pa sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi Peduli Lin­dungi dan bukti hasil tes ne­gatif rapid antigen yang ber­laku 1×24 jam.

Tidak hanya pengalihan arus, penerapan Ganjil-Genap juga masih akan diterapkan bagi kendaraan roda dua mau­pun empat yang akan dilaku­kan selama 24 jam.

“Sekarang ini masih dalam situasi pandemi. Untuk itu, diharapkan seluruh masyara­kat dapat meningkatkan di­siplin prokes dan hindari kerumunan,” tandasnya. (rez/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.