Master Class

by -

Metropolitan – Saling kenal dan saling belajar tentang kekayaan budaya masing-masing daerah adalah semangat yang terkandung di dalama kegiatan ini. Beberapa delegasi peserta Kongres V JKPI akan menampilkan dan mengajarkan kesenian daerahnya masing-masing sekaligus belajar dan menyimak kesenian daerah Kota Bogor di beberapa sekolah. 

Master Class kurang lebih berarti belajar dari para ahlinya. Anak-anak di sekolah yang dikunjungi akan mengenal dan belajar tentang seni dan budaya dari para tamunya. Mereka juga akan menyambut tamunya dengan sajian tarian tradisional Kota Bogor maupun beragam jenis masakan dan makanan khas Kota Bogor. Pada gilirannya tamu mereka akan menampilkan kesenian khas daerah masing-masing.

  1. Kota Ambon

Delegasi Kota Ambon akan menampilkan sajian musik Ambon sekitar 60 menit. Untuk itu mereka akan berkunjung dan menampilkan sajiannya di SMP Regina Pacis.

  1. Kota Banda Aceh 

Menampilkan presentasi unsur unsur kebudayaan yg ada di Aceh dan mereka akan disuguhi tarian-tarian tradisional Kota Bogor di SMP Negeri 1 Bogor

  1. Kota Palembang

Dari Kota Palembang, mereka akan berkunjung ke SMP Negeri 2 Bogor dan akan menampilkan permainan silat. 

  1. Kota Singkawang

Beberapa tarian akan disuguhkan delegasi dari Kota Singkawang dan belokasi di SMP Negeri 4 Bogor. 

  1. Kabupaten Langsa

Delegasi Kabupaten Langsa akan menampilkan tarian tarek pukat di  SMP Negeri 6 Bogor

  1. Kabupaten Siak

Delegasi Kabupaten Siak akan menampilkan warisan budaya Siak di SMP BUdi Mulia

  1. Kabupaten Sumbawa

Delegasi Kabupaten Sumbawa akan menampilkan LAWAS Sastra Lisan Tradisional Sumbawa di SMP Negeri 5 Bogor

  1. Kota Pekalongan

Berlokasi di SMP Negeri 11 Kota Bogor, Kota Pekalongan akan menyuguhkan pembelajaran daring tentang batik. 

  1. Kota Probolinggo

Delegasi Kota Probolinggo akan menyuguhkan Tari Nyareh Jukok di SMP Negeri 7 Bogor.

Pameran Budaya

Pameran Budaya akan berlangsung di  gedung Badan Koordinasi Wilayah Bogor. Disini  akan dipamerkan lukisan-lukisan para seniman dan budayawan serta arsip dan perpustakaan dari ANRI Sedangkan di Bogor Creative Center  yang berlokasi di tempat yang sama, akan berlangsung pameran beragam produk unggulan dan kebudayaan dari 14 kota dan kabupaten peserta Kongres V JKPI dan  Kota Bogor.

Pagelaran Seni dan Budaya

Kegiatan ini akan berlangsung di area Gelanggang Olahraga dan Remaja (GOR) Pajajaran. Delegasi peserta dan tuan rumah akan memementaskan berbagai jenis kesenian daerah masing-masing. Warga masyarakat bisa ikut menikmati pagelaran ini yang akan berlangsung sejak tanggal 3 Desember. 

City Tour

Seluruh peserta dengan menggunakan 4 unit Bis Unchal akan diajak untuk mengikuti city tour, dengan agenda utama mengunjungi Vihara Dhanagun dan Situs Batu Tulis. Dua situs sejarah ini selain sebagai pusaka Kota Bogor, juga menunjukan panjangnya perjalanan sejarah yang telah ditempuh Kota Bogor.

Vihara Dhanagun

Vihara Mahacetya Dhanagun atau Klenteng Hok Tek Bio memiliki arti sebagai Tempat Kebijakan Dewa. Bangunan seluas 653 meter persegi ini menjadi tempat ibadah bagi penganut Taoisme, Tionghoa dan juga Budha. Catatan Wikipedia menyebut vihara ini diperkirakan dibangung di awal abad 18 dan catatan lain menyebut dibangun tahun 1672. Direktorat Purbakala dan Permuseuman pada tahun 2002 memasukan vihara ini sebagai vihara nomor 4 pada daftar  sepuluh klenteng kuno di Jabodetabek

Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis merupakan salah satu situs in situ atau terletak di lokasi aslinya, yang diperkirakan menjadi bagian dari pusat Kerajaan Sunda Pajajaran. Prasasti ini berangka 1455 Saka atau 1533 Masehi dan ditulis dengan mempergunakan aksara Sunda kuno. Berisi pesan antara lain tentang penobatan Sri Baduga Maharaja Ratu Aji di Pakuan Pajajaran. Prasasti itu mengabarkan, Sri Baduga sebagai pembuat gunug gunungan, Sahiyang Talaga Rena Mahawijaya dan hutan Samida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *