Pembangunan Jalur Khusus Tambang di Kabupaten Bogor, Gubernur Jabar Masih Cari Investor

by -

Wacana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat membangun akses jalur tambang di Kecamatan Parungpanjang, Rumpin dan Cigudeg, Kabupaten Bogor, belum juga terealisasi. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengaku sedang mencari investor untuk membangun jalur tambang tersebut.

RIDWAN Kamil (RK) menje­laskan, jalan untuk jalur tambang sebetulnya sudah ada. Bahkan, kajiannya sudah cukup baik dan tinggal mencari investor. “Jalan tambang sudah ada, tadi Bu Ade (Bupati Bogor, red) menyampaikan bahwa studinya sudah beres, visibility-nya su­dah baik. Kita sekarang men­cari investasi karena itu bisa be to be. Artinya bisa oleh swasta terhadap swasta,” ujar RK usai Kopdar bersama kepala daerah se-Jabar di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Selasa (30/11).

Baca Juga  Melongok 'Tambang Emas Hijau' dan 'Emas Biru'

Jika tidak ada kendala, Rid­wan Kamil berjanji dalam hitungan bulan sudah ada investornya. Jika investor su­dah masuk, maka pengerjaan jalan tambang akan langsung dimulai.

RK menyadari bahwa jalur tambang sejauh ini sudah banyak memakan korban jiwa. Untuk itu, permasala­han ini harus segera diatasi. “Jadi, untuk jalan tambang, jika tidak ada halangan da­lam hitungan bulan ditemu­kan investornya. Setelah itu bisa dilakukan pengerjaan sesuai komitmen Ibu Bu­pati dan Pemprov Jabar un­tuk mengatasi permasalahan bertahun-tahun yang mer­enggut banyak jiwa di Ka­bupaten Bogor itu,” tandas­nya. (fin/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.