Pemkot Bogor bakal Resmikan Dua Koridor Baru Biskita

by -
Wali Kota Bogor Bima Arya saat meresmikan BISKITA Trans Pakuan di Balai Kota Bogor, Selasa (2/11). (FOTO:Fadli/Metropolitan)

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kota (Pemkot) Bogor be­rencana meresmikan lagi dua koridor baru Biskita Trans­pakuan, Rabu (15/12). Dua koridor itu meliputi koridor 1 yang beroperasi dari Bubulak- Cidangiang dan koridor 2 meliputi trayek Bubulak-Ci­awi.

”Jadi, besok (Rabu, red) yang akan di-launching adalah koridor 1 dan 2. Total ada 28 kendaraan yang akan jalan di kedua koridor itu,” terang Ketua Badan Pengawas Kod­jari, Dewi Jani Tjandera, ke­pada wartawan, Senin (13/12). Rinciannya, sambung Dewi, koridor 2 ada 15 unit ken­daraan dan koridor 1 ada 13 unit kendaraan. Unitnya ini semua sudah ada dan dite­rima di Bogor.

Hingga saat ini, menurut Dewi, jumlah unit Biskita Transpakuan yang sudah mengaspal di dua koridor, yakni koridor 5 dan 6 berjum­lah 21 kendaraan. Dengan rincian di koridor 5 ada 11 unit kendaraan dan koridor 6 ada 10 unit kendaraan. ”To­tal tahun ini ada 49 unit. Masing-masing koridor disi­apkan satu unit bus khusus penumpang disabilitas,” tu­turnya.

Baca Juga  PDJT Ingin Halte BusKita Transpakuan Steril

Saat disinggung sudah be­rapa angkot di Kota Bogor yang dikonversi menjadi Biskita Transpakuan, tambah Dewi, hingga saat ini sudah ada 186 unit angkot dari enam koridor di Kota Bogor. Kendaraan tersebut berasal dari semua koperasi di Kota Bogor, se­perti Kencana, Kodjari, Ma­dani dan lain sebagainya.

”Prinsipnya, kita menyesu­aikan trayek yang dibutuhkan. Misal kita butuh di koridor 6 itu ada trayek 07 dan satu pendampingnya bisa 02 dan 03, itu kita ambil,” ujarnya.

”Kita beli dan kita besi-tuakan di Samsat. Kita tidak membeli ke badan hukum, melainkan ke pemiliknya langsung, badan hukum ha­nya mengantarkan,” sam­bungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo, menu­turkan, untuk pengoperasian koridor 3 dan 4 akan dilakukan setelah semua kesiapan telah terselesaikan. ”Dua koridor selanjutnya menunggu ke­siapan jalan yang sedang ta­hap perbaikan pada Jalan Suryakencana yang akan di­penuhi awal 2022,” singkatnya. (rez/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.