Pemkot Bogor Larang ASN Pergi ke Luar Kota saat Libur Nataru

by -

METROPOLITAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya bepergian ke luar kota saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini. Hal itu dipastikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sopiah.

Menurutnya, Pemkot Bogor telah mengeluarkan kebijakan dan meminta ASN Kota Bogor menahan diri untuk tidak berpergian ke luar kota saat libur Nataru tahun ini. Sebab, Pemkot Bogor sejalan dengan yang dilakukan pemerintah pusat terkait larangan cuti saat Nataru bagi ASN diatur dalam Surat Edaran (SE) Menpan RB Nomor 26 Tahun 2021. “Larangan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang berpotensi meningkat dikarenakan perjalanan orang selama Nataru,” katanya.

Baca Juga  Aspem Ingatkan Kualitas Kerja ASN

Meski begitu, sambung Syarifah, pengambilan cuti ASN dalam keadaan terpaksa masih diperbolehkan apabila akan melahirkan, sakit, ada keluarga inti sakit, meninggal dunia atau alasan mendesak lainnya. “Saya tidak akan mengeluarkan izin cuti bagi PNS, terkecuali bagi yang mendesak. Karena harus melalui saya ketika mereka mengajukan (cuti),” ucapnya.

Sementara hingga kini belum ada berkas cuti ASN yang masuk ke meja kerjanya. “Nggak belum, mereka juga sudah paham sebenarnya,” imbuhnYa. Saat disinggung antisipasi varian baru Covid-19, Pemkot Bogor mengikuti kebijakan yang dikeluarksn yang dilakukan Satgas Covid-19 Pusat.

“Varian Omricon sebenarnya ketika sudah divaksin lebih tahan (terpapar), informasinya dampaknya juga tidak seganas varian delta. Tapi tetap dengan pembatasan Nataru jadi bagian tanggung jawab kita,” bebernya. Ia juga meminta kesadaran tak hanya bagi ASN, tapi juga keluarganya agar tetap berada di rumah.

Baca Juga  Relokasi PKL Ditunda sampai Takbiran

Sekadar diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, menegaskan, meski PPKM level 3 dibatalkan, ASN tetap dilarang bepergian ke luar daerah. (rez/eka/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.