Program Kampus Merdeka Mudahkan Mahasiswa Masuk Dunia Kerja

by -

METROPOLITAN – Mening­katkan potensi mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tek­nologi (Kemendikbudristek) menjalankan Program Mer­deka Belajar Kampus Mer­deka. Lewat program ini, mahasiswa dapat mengembangkan diri di luar perguruan tinggi mereka.

Pada 2021, program kebija­kan ini telah diikuti sekitar 12.800 mahasiswa pada pro­gram Magang dan Studi In­dependen Bersertifikat (MSIB), 21.700 mahasiswa pada pro­gram Kampus Mengajar (KM), 8.200 mahasiswa pada Pertu­karan Mahasiswa Merdeka (PMM) dan 950 mahasiswa pada Indonesian Internatio­nal Student Mobility Awards (IISMA).

Salah seorang mahasiswa peserta MSIB yang menda­patkan kesempatan magang di salah satu perusahaan te­lekomunikasi ternama, Erwan Cerentio, menyatakan, dirinya bisa mengalami dinamika perusahaan-perusahaan be­sar bahkan sebelum selesai kuliah adalah pengalaman yang luar biasa. “Saya sampai menangis saat harus belajar dan berproses. Tapi, persiapan dan fasilitas yang diberikan program ini sangat mem­bantu saya,” ungkap maha­siswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini dalam kete­rangannya, Senin (27/12).

Baca Juga  Kampus Terpencil Harus Didukung Program Kampus Merdeka

Ia melanjutkan, kesempatan mengikuti Program MSIB ini sangat baik bagi mahasiswa. Sebab, ia merasa mendapat­kan kesempatan terbaik untuk bereksplorasi dan berekspe­rimen.

“Ini adalah tiga bulan paling berharga bagi Erwan. Sulit membayangkan mahasiswa bisa bertahan di dunia pro­fesional nantinya tanpa ada kesempatan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam, menga­presiasi para lulusan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Saya menyampaikan apre­siasi kepada seluruh mitra, mentor dan dosen yang telah bekerja sama dan men­dampingi para mahasiswa dalam menimba pengalaman melalui program-program ini,” tuturnya.

Nizam menjelaskan, berba­gai program yang diberikan negara ini tujuannya agar mahasiswa fokus dan seman­gat mencari pengalaman, ilmu baru dan kompetensi untuk berjejaring.

Baca Juga  Di Kampus Merdeka, Mahasiswa Diminta Ajarkan Siswa

“Banyak sekali testimoni positif yang kami terima. Kami berterima kasih kepada peserta Merdeka Belajar Kam­pus Merdeka yang telah me­manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Saya berharap pengalaman berharga ini betul-betul menjadi bekal di masa depan,” tutup Nizam (jp/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.