Rino Indira Cs Bangun Tirta Pakuan Sepanjang 2021, Gratiskan 250 Pelanggan Baru di Bogor Utara

by -
Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Rino Indira didampingi Dirum Rivelino Rizky dan Dirtek Ardani Yusuf. (Ryn/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Bergerak menuju perubahan demi kepuasan pelanggan. Hal itulah yang menjadi landasan dan tujuan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor dibawah komando Direktur Utama (Dirut) Rino Indira Gusniawan.

Sejak dilantik 2 Desember tahun lalu bersama Direktur Umum (Dirum) Rivelino Rizky dan Direktur Teknik (Dirtek) Ardani Yusuf, berbagai program telah dilakukan demi kepuasan pelanggan.

Mulai dari menyelesaikan beberapa pekerjaan seperti penambahan kapasitas produksi 50 liter per detik di Palasari, memanfaatkan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) untuk pembangunan Reservior Jabaru dan Kabandungan, hingga turunnya Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk menggratiskan 250 pelanggan baru di wilayah Bogor Utara.

“Jadi satu tahun ini kita sudah buat apa saja sih. Dari sekian banyak program dan inovasi yang dijalankan, salah satunya berhasil mendapatkan bantuan DAK, yang setiap tahun kami submit (ke pemerintah pusat). Alhamdulillah tahun ini kami dapat untuk menggratiskan 250 pelanggan baru di wilayah Bogor Utara,” katanya saat ditemui Metropolitan.id, Senin (6/12).

Baca Juga  Pengusaha Muda Nakhodai Sahabat Polisi Indonesia Kota Bogor

Ia menambahkan, pihaknya setiap tahun mengajukan DAK tersebut dan pada tahun meminta untuk daerah Kecamatan Bogor Utara. Pertimbangannya, wilayah tersebut dicover sumber air dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Katulampa.

“Masih ada kelebihan air disana. Terus juga di daerah itu banyak yang belum pakai air kita, akhirnya dipenetrasi oleh pemerintah pusat. Kami submit ke Bappenas, lalu keluar DAK yang dititipkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor Rp1 miliar sekian,” ujar Rino.

Pihaknya pun menyelesaikan pemasangan gratis 250 pelanggan baru di wilayah Bogor Utara pada Oktober lalu. Setelah rampung, aset itu menjadi milik Pemkot Bogor yang kemudian diserahkan ke Perumda Tirta Pakuan.

Baca Juga  Peringati Hari Koperasi, Kota Bogor Gelar Lomba Bisnis Plan hingga Jalan Sehat

Rupanya, hal ini bukan yang pertama. Sebab, program ini pernah berjalan pada tahun lalu untuk menggratiskan pelanggan baru di kawasan Pasir Kuda. Untuk meningkatkan kepuasan warga Kota Bogor terhadap pelayanan Tirta Pakuan, pihaknya juga sudah mengajukan kembali DAK serupa agar bisa menggratiskan pelanggan baru Perumda Tirta Pakuan.

“Tahun depan kita nggak tahu dapat berapa, tapi kita sudah submit,” imbuhnya.

Baginya, program tersebut sejalan dengan upaya Perumda Tirta Pakuan untuk bergerak menuju perubahan demi mencapai kepuasan pelanggan. Hal itu diakui oleh hasil survei yang dilakukan Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (SB-IPB) kepada para pelanggan Tirta Pakuan Kota Bogor.

Hasilnya, Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) Perumda Tirta Pakuan meningkat dari sisi produk maupun jasa dibandingkan tahun sebelumnya. Menurutnya, hal itu merupakan pengakuan luar biasa dari pelanggan, melalui persepsi dari survei agar lebih baik kedepannya.

Baca Juga  Ikut Salatkan Jenazah Eril, Bima Arya Ceritakan Curhatan Ridwan Kamil soal Mukjizat Eril

“Semua pekerjaan yang kita lakukan ini menuju satu titik, yakni perubahan. Kita merubah cara kerja, cara pandang menyikapi perusahaan, merubah tatanan menjadikan Tirta Pakuan lebih coorporate dibanding birokrat. Nggak perlu banyak birokrasi, kita bisa akselerasi karena corpoorate itu targetnya result (hasil, red),” ucapnya.

Tentu, kata dia, hasil atau target yang harus dikejar yakni kepuasan pelanggan. Dari lima program besar Tirta Pakuan, kepuasan pelanggan jadi nomor satu.

“Kalau pelanggan puas, pendapatan kita naik. Semua selesai kalau pelanggan puas. Apa yang bikin pelanggan puas? Air ngalir 24 jam, kualitas air bagus, kuantitas bagus dan tarif terjangkau. Kami berharap tahun-tahun kedepan bisa lebih baik, lebih sempurna dalam memberikan pelayanan. Dengan bergerak menuju perubahan demi kepuasan pelanggan,” tutup Rino. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.