RS Mulia Bogor Punya Teknologi Baru Pengobatan Wasir, Pemulihan Lebih Cepat

by -

METROPOLITAN – Rumah Sakit (RS) Mulia Bogor be­kerja sama dengan Vena Wa­sir Center, meluncurkan layanan pengobatan penyakit wasir baru, Selasa (30/11).

Metode baru dalam pengo­batan wasir disebut dapat meminimalisasi rasa sakit kepada penderitanya.

Komisaris RS Mulia, Khris­na Pradana Pranata, menga­takan bahwa terdapat tiga teknologi baru yang hadir dalam terapi wasir.

Teknologi atau teknik terse­but di antaranya, terapi PILA, Radiofrekuensi, dan Laser Hemorrhoidoplasty.

Ia menambahkan, terapi baru tersebut bertujuan membe­rikan pelayanan lebih baik, khususnya di bidang penanga­nan wasir.

“Selama ini penanganan wasir menimbulkan efek sam­ping yang sangat sakit. Dengan adanya terapi ini diharapkan membantu masyarakat me­minimalkan efek samping dan mempercepat pemulihan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Khrisna men­gungkapkan bahwa RS Mulia menjadi penyedia pertama dan satu-satunya di Kota Bo­gor.

“Ini satu-satunya di Bogor dan sekitarnya. Karena cabang lainnya ada di Jakarta, Medan, dan Semarang,” imbuhnya.

Meski demikian, ia menga­ku untuk saat ini terapi terse­but belum dapat ditanggung Badan Penyelenggaraan Ja­minan Sosial (BPJS).

“Saat ini belum dikaver BPJS. Harapannya ke depan bisa dikaver BPJS. Meski begitu, ini cukup terjangkau masy­arakat yang biasa pakai BPJS,” tambah Khrisna.

Di tempat yang sama, Dok­ter Spesialis Bedah RS Mulia, dr Andri Mulia, menjelaskan perbedaan terapi terletak pada lebih minimalnya luka yang dihasilkan dibandingkan operasi konvensional.

“Secara teknik, lukanya lebih minimal. Kemudian lebih meminimalkan rasa nyeri pasca operasi. Karena ope­rasi wasir itu yang paling sakit dan menjadi momok masy­arakat,” jelasnya.

Dengan teknik laser, tuturnya, penyakit wasir yang diatasi sejak awal tidak akan menim­bulkan rasa sakit dalam tinda­kan penyembuhannya.

Terapi baru yang dihadirkan juga dapat mempersingkat waktu penyembuhan.

“Rata-rata waktu penyem­buhan operasi konvensional bisa satu sampai dua minggu. Kalau ini bisa satu sampai dua hari saja,” jelasnya.

Selama ini, sambungnya, pasien penyakit wasir di RS Mulia bisa mencapai 30-40 pasien setiap bulannya.

“Untuk satu, RS yang men­cangkup wilayah kota, jumlah ini cukup besar. Ditambah ada beberapa pasien yang tidak memeriksakan diri karena momok rasa sakit operasi wasir,” tuntasnya.

Diketahui, RS Mulia meny­ediakan promosi potongan biaya 10 persen periode 30 November-30 Desember 2021. (ryn/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.