Sebulan, 52 Warga Nginap di RSUD Ciawi gegara DBD

by -

METROPOLITAN – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah selatan Ka­bupaten Bogor pada Novem­ber 2021 mengalami pening­katan. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi men­catat bulan lalu terdapat 52 pasien DBD yang dirawat. Angka itu naik 100 persen dari kasus DBD yang terjadi pada Oktober 2021 yang hanya 25 pasien DBD.

”Sejauh ini November paling tinggi. Pasien DBD laki-laki ada 27 orang, sedangkan pe­rempuan ada 25 orang,” terang Direktur Utama RSUD Ciawi, dokter Tsani Musyafa, kepada Metropolitan, kemarin. Meski begitu, untuk pasien DBD yang dirawat di RSUD Ciawi pada November 2021 tidak ada yang meninggal dunia.

”Alhamdulillah, semua pasien sembuh. Tidak ada yang me­ninggal dunia dengan tam­bahan angka tersebut. Total pasien DBD yang dirawat di RSUD Ciawi sebanyak 224 orang,” paparnya.

Baca Juga  PPNI Jadi Wadah Tingkatkan SDM Perawat

Adapun pada Januari 2021 terdapat sepuluh pasien DBD yang dirawat di RSUD Ciawi. Lalu pada Februari 2021, pa­sien DBD yang dirawat men­galami penurunan, hanya lima pasien. Pada Maret, ka­sus DBD kembali meningkat. Ada enam pasien yang dirawat pada April 2021 dan kasus DBD melonjak drastis, yakni 13 pasien DBD.

Lalu pada Mei 2021 melon­jak drastis. Ada 24 pasien yang dirawat di RSUD Ciawi akibat terpapar DBD. Adapun pada Juni 2021, jumlah pasien DBD yang dirawat di RSUD Ciawi kembali meningkat, ada 27 pasien.

Sementara itu, pada Juli 2021 pasien DBD yang dirawat di RSUD Ciawi menurun yakni 16 pasien. Pada Agustus 2021, kasus DBD kembali naik. Ada 19 pasien yang dirawat di RSUD Ciawi. Lalu pada September 2021 pasien DBD di RSUD Ciawi kembali naik, ada 27 pasien. Untuk Oktober 2021 ada 25 pasien DBD.

Baca Juga  Pengendara Motor yang Ditemukan di Kali Puncak Bogor Jalani Perawatan di RSUD Ciawi

Tsani pun meminta masy­arakat selalu menjaga keber­sihan serta membersihkan genangan air yang menjadi sarang jentik nyamuk. Lanta­ran saat ini masih pandemi Covid-19, masyarakat diha­rapkan selalu disiplin proto­kol kesehatan. ”Harus tetap menjaga jarak, tidak berke­rumun, menggunakan masker dan mengikuti vaksinasi,” tandasnya. (jal/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.