Sekda Ingin DWP Kabupaten Bogor Bangun Ketahanan Perempuan dan Pulihkan UMKM

by -
METROPOLITAN.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengajak Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bogor membangun ketahanan perempuan dan pulihkan UMKM di Kabupaten Bogor. Hal tersebut diungkapkannya pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-22 DWP tahun 2021, di Chevilly Resort and Camp, Ciawi, Selasa (7/12/2021). Sekda Burhanudin yang juga sebagai Dewan Penasehat DWP Kabupaten Bogor hadir mewakili Bupati Bogor.
Hadir pula pada acara tersebut, Ketua PKK Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah, Ketua DWP Kabupaten Bogor, Nurhayati, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Lilis Hayatun Nafsiah, unsur perangkat daerah, BUMD dan instansi vertikal di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor.
Sekda Burhanudin menjelaskan, pandemi Covid-19 telah berdampak pada semua segi kehidupan yakni pendidikan, sosial, ekonomi dan lainnya, termasuk kehidupan perempuan yang selama pandemi bebannya menjadi bertambah. Pandemi juga memberi pukulan berat bagi sektor UMKM. Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terhadap UMKM menunjukkan bahwa 94% usaha mengalami penurunan penjualan, bahkan lebih dari 40% UMKM dari berbagai kelas usaha mengalami penurunan penjualan lebih dari 75%.
“Partisipasi perempuan di sektor UMKM cukup tinggi. Hasil survei Bank Dunia menemukan 42,8% UMKM dimiliki perempuan, sedangkan data BPS 2020, menunjukkan, sebanyak 50% pengusaha UMKM adalah perempuan. Kewajiban kita adalah mendukung UMKM yang menjadi penghidupan bagi sebagian besar masyarakat kita, khususnya kaum perempuan,” tandas Burhanudin.
Burhanudin berharap DWP dapat berperan aktif, berkolaborasi dengan stakeholder untuk menggeliatkan kembali UMKM Kabupaten Bogor melalui berbagai kegiatan pengembangan UMKM, pelatihan desain, kemasan, promosi dan pemasaran online, bazaar, bantuan permodalan, dan lain sebagainya yang secara nyata memberikan manfaat bagi UMKM.
“Saya juga berharap DWP terlibat aktif dalam literasi digital khususnya bagi kaum perempuan, bagaimana mengambil manfaat secara optimal dari gadget dan mendorong para ibu agar lebih berhati-hati dalam memantau pergerakan anak-anak di dunia maya menggunakan gadget,” ujarnya.
Ia menuturkan, mari kita jadikan momentum HUT Ke-22 DWP ini, untuk menguatkan tekad bersama membangun ketahanan perempuan Indonesia, menjaga fisik dan kesehatan mental, meningkatkan literasi digital, serta mendukung UMKM untuk bangkit kembali.
Selanjutnya, Ketua DWP Kabupaten Bogor, Nurhayati menjelaskan, DWP Kabupaten Bogor memiliki visi dan misi yang sejalan dengan visi misi Kabupaten Bogor. Salah satunya adalah ikut menyejahterakan masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya masyarakat yang paling terkecil yaitu keluarga.
“Selanjutnya melalui program kerja kami, mudah-mudahan bisa terjadi keselarasan bagaimana kita meningkatkan ketahanan mental dan fisik kita, bagaimana kita meningkatkan UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.
Nurhayati menjelaskan, pada momentum peringatan HUT ke-22 DWP ini kami berupaya memprioritaskan untuk melengkapi administrasi kami, administrasi baik di tingkat SKPD maupun kecamatan, karena memang administrasi itu sangat penting, cara pembuatan laporan, kegiatan dan sebagainya. Pada hari ini juga kami laksanakan kegiatan Fashion Show yang melibatkan produk batik-batik Bogor yang indah dan cantik. Semoga DWP tetap berjaya, perempuan berjaya, anak terlindungi, keluarga sejahtera. (*/Els)

Baca Juga  Bisnis Burung Kicau Tembus Rp1,7 Triliun per Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published.