Semua Proyek Dana Desa di Cijeruk Sesuai RAB

by -

METROPOLITAN – Pemerin­tah Kecamatan (Pemcam) Cijeruk melalui Seksi Eko­nomi dan Pembangunan (Ek­bang) melaksanakan monito­ring dan evaluasi (monev) betonisasi jalan lingkungan (jaling) dan turap di Kampung Pasirkarainah, Desa Tanjung­sari, kemarin. Proyek jalan ini menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021. Pelaks­anaan monev tersebut di­dampingi kepala desa dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Tanjungsari.

Kepala Seksi (Kasi) Ekbang Kecamatan Cijeruk, Asep Dah­lan, mengatakan, fungsi monev ini untuk melihat dan mem­beri masukan ke pemerintah desa sebagai pengguna ang­garan. Bagi yang ada keku­rangan diberikan saran untuk perbaikan agar semua laporan sesuai Rencana Anggaran Bi­aya (RAB).

”Untuk Kecamatan Cijeruk seluruh desa telah selesai peng­erjaannya dan sudah kita mo­nev. Terakhir Desa Tanjungs­ari. Hasilnya sudah cukup baik dalam penyerapan anggaran, cuma ada yang perlu dirapikan. Dari volume seperti panjang, lebar dan tingginya sudah se­suai. Kita beri saran agar dira­pikan saja,” ujarnya.

Baca Juga  RK: Alokasi Dana Desa Belum Adil

Menurutnya, pembinaan perlu dilaksanakan di setiap desa agar anggaran yang ma­suk ke pemerintah desa benar-benar terserap seluruhnya. Selain itu, pembangunan yang diajukan benar-benar telah selesai 100 persen sesuai ang­garan yang masuk.

”Monev yang kita laksanakan ini berupa pembinaan agar pemdes selaku pengguna ang­garan dapat melaksanakan pengerjaan sesuai RAB yang diajukan pemdes. Alhamdulil­lah dari sembilan desa yang kita monev, pengerjaannya saya lihat cukup baik sesuai pengajuan,” katanya.

Dengan adanya monev, Pem­des Tanjungsari merasa ter­bantu lantaran kekurangan yang ada bisa langsung diper­baiki sesuai saran pemerintah kecamatan. Sehingga penger­jaan yang akan datang akan lebih baik dari tahun ini.

”Alhamdulillah monev untuk Desa Tanjungsari berjalan lancar. Hasilnya sangat baik. Volume dan ketebalan bangu­nan sudah memenuhi syarat sesuai RAB. Hanya perlu per­baikan sedikit dan kita akan evaluasi bersama Tim TPK, kasi pembangunan. Hasil kerja tahun ini, insya Allah tahun depan akan kita ting­katkan lagi kualitas pembangu­nannya. Monev ini sangat membantu kinerja kita selama ini,” ujar Kepala Desa Tanjung­sari, Herman.(nto/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.