Sudah 90 Persen, Kereta Double Track Bogor-Sukabumi Diuji Coba pada Maret 2022

by -
Kondisi pembangunan rel ganda atau double track Bogor-Sukabumi di Stasiun Batutulis, Kota Bogor, Senin (27/12). (Ryan/Metropolitan)

METROPOLITAN.id – Digarap sejak 2020 silam, progres pembangunan rel ganda atau double track Bogor-Sukabumi disebut sudah hampir rampung dan sudah mencapai 90 persen.

Bahkan pemerintah berambisi bisa segera mengoperasionalkan jalur tersebut para Maret mendatang.

“Progres sudah hampir 90-an persen ya. Ini hanya tinggal memasang balast,” kata Direktur Prasarana Perkeretaapian pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Harno Trimadi kepada Metropolitan.id di Stasiun Batutulis, Kota Bogor, Senin (27/12).

Balast sendiri merupakan bagian dari badan jalan kereta api tempat penempatan bantalan rel, yang ditempatkan di antara, di bawah, dan di sekitar jalur hingga drainase di kanan-kiri rel.

Ia menuturkan, pemasangan balast ini yang dikerjakan melalui program padat karya. Setelah dipasang balast, lalu dipasang rel diatasnya. Harno menjelaskan salah satu progres yang memakan waktu yakni struktur dibawah rel.

Baca Juga  Bima Arya Kukuhkan Damkar 'Naik Level' Jadi Dinas di Kota Bogor

“Ditargetkan Maret 2022 kita sudah bisa uji coba sampai Cicurug. Kita lihat apakah bisa langsung double track atau kombinasi. Karena ada beberapa jembatan masih dalam proses pembangunan. Tapi mudah mudahan di Maret bisa jalan,” jelas Harno.

Disinggung soal keluhan warga terkait jalan yang rusak saat pengerjaan Double Track Bogor-Sukabumi, ia mengaku masih berkonsentrasi pada pembangunan rel utama alih-alih pada kerusakan jalan dampak pembangunan.

“Kalau konsentrasi kita kan di jalan rel-nya. Nanti mungkin kalau ada kerusakan, kami juga komunikasi dengan (Kementerian) PUPR, apakah memang disebabkan konstruksinya atau karena truknya. Kalau truk-nya, kami akan berdiskusi dengan pemilik truk,” ujarnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.