Vaksinasi Anak Jadi Prioritas untuk Percepat Sekolah Tatap Muka

by -

METROPOLITAN.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan program vaksinasi anak menjadi prioritas pemerintah. Program ini dilakukan untuk mengakselerasi kegiatan sekolah, khususnya pembelajaran tatap muka.

Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 khusus untuk anak 6-11 tahun selesai pada kuartal I tahun 2022.

“Ini menjadi prioritas pemerintah, kemudian pendidikan dan sekolah pertemuan tatap muka sekolah nanti dikondisikan sesuai situasi dan kondisi di sekolah dan terus kami akselerasi,” ujar Airlangga saat meninjau Program Vaksinasi Anak di SDN 05 Kemanggisan, Jakarta Barat, Jumat (31/12).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) ini menjelaskan, program vaksinasi anak 6-11 tahun merupakan program vaksinasi dosis pertama dan menjadi suatu keharusan bagi masyarakat.

Baca Juga  Pelanggar Aturan Larangan Ekspor Produk CPO bakal Kena Sanksi Tegas

“Partisipasi anak-anak sudah dimulai beberapa hari yang lalu dan ditargetkan di kuartal satu (Q1) tahun depan harus diselesaikan,” ungkap Menko Airlangga.

Pihaknya juga akan terus melakukan perluasan dan percepatan cakupan vaksinasi, termasuk kepada anak-anak, untuk mendorong tercapainya herd immunity.

Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengatakan, upaya percepatan dan perluasan vaksinasi bagi anak 6-11 tahun membutuhkan kolaborasi semua pihak, baik dari pemerintah pusat, daerah, sekolah, media, dan orang tua.

“Kami ucapkan selamat kepada SDN 05 Kemanggisan yang telah menyelenggarakan vaksin anak dan akan mencakup sejumlah sekolah lain, dan nanti seluruhnya akan divaksin bekerja sama dengan Yellow Klinik,” katanya.

“Kita melihat capaian vaksinasi kita yang sudah di atas 70 persen secara nasional dan dosis dua sudah diatas 50 persen di atas nasional,” sambung Menko Airlangga.

Baca Juga  Airlangga Sebut Koalisi Indonesia Bersatu Siap Lanjutkan Pembangunan Era Jokowi

Menurutnya, target program vaksinasi anak-anak tak lain untuk menciptakan kekebalan anak dari bahaya paparan Covid-19, khususnya varian baru Omicron.

“Jadi vaksinasi itu adalah suatu keharusan, maka Kami terus mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi termasuk kepada anak-anak akan mendorong tercapainya herd immunity di Indonesia,” tandas Airlangga. (*/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.