Akademisi IPB Beberkan Tips Memelihara Kucing yang Baik dan Benar, Pemula Wajib Baca Nih!

by -
Petugas merawat kucing koleksi di salah satu rumah penitipan hewan di Jakarta. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

METROPOLITAN.id – Setiap orang pasti ada yang suka memelihara hewan kesayangan. Misalnya saja kucing. Hal ini tentu dapat menjadi hobi yang dapat mengurangi stres.

Tetapi, memelihara kucing tak bisa asal-asalan atau sembarangan. Perlu pengetahuan tentang cara memelihara kucing dengan baik dan benar.

Terkait hal itu, drh. Tetty Barunawati Siagian dari Program Studi Paramedik Veteriner, Sekolah Vokasi IPB University membagikan tips memelihara kucing bagi para pemula.

Melansir laman IPB University, ini tips memelihara kucing bagi pemula:

1. Lakukan medical check up
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membawa kucing tinggal bersama adalah melakukan medical check up.

Tindakan tersebut dapat mencegah penularan penyakit zoonosis (penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya) seperti scabiosis, helminthiasis dan lainnya.

Baca Juga  Siang Bolong, Rumah Kontrakan Aceng Hangus Dilalap Api

2. Pilih nutrisi sesuai kebutuhan
Hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan, angka harapan hidup, dan kesejahteraan kucing. Nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, antioksidan, serta taurine untuk jantung dan penglihatannya.

3. Tempat makan dan minum bersih
Sediakan tempat makan dan minum yang mudah dibersihkan serta tidak menyerap bau seperti stainless steel. Sebaiknya sediakan lebih dari satu mangkuk dan tempatkan di lokasi yang mudah dijangkau kucing.

Untuk menjaga kesehatan kucing, maka mangkuk air minum sebaiknya dibersihkan setiap hari.

4. Pilih pasir berkualitas
Coba pilih pasir yang berkualitas baik yaitu pasir yang mudah mengumpal, mudah dibersihkan dan wangi. Ajari kucing untuk membuang kotorannya pada litter box yang telah disediakan.

Baca Juga  Sidak ke Pasar Bogor, Wamendag Temukan Harga Migor Curah Masih di Atas HET

Satu box litter diperuntukkan untuk satu ekor kucing,” paparnya.

5. Kebersihan tubuh kucing
Berkaitan dengan kebersihan tubuh kucing. Kucing sekurang-kurangnya dimandikan dan dipotong kukunya dua pekan sekali. Tidak lupa juga untuk menyikat gigi, menyisir bulu, membersihkan mata dan telinga kucing.

Meski dapat membersihkan rambutnya sendiri, namun rambut kucing perlu disisir. Hal tersebut membantu menghilangkan rambut mati, kotoran, serta mencegah terjadinya hairball pada kucing.

6. Kandang ideal
Sediakan kandang yang ideal untuk kucing agar leluasa untuk bergerak, nyaman, serta terhindar dari panas matahari. Pemilik dapat menyediakan alas tidur kucing berupa kain atau bantalan khusus.

Selain itu dapat disediakan juga tempat untuk kucing bermain dan bersosialisasi dengan sesamanya jika terdapat lebih dari satu kucing.

. Perhatikan bahasa tubuh kucing
“Kita perlu perhatikan bahasa tubuh kucing. Seperti marah, senang, cemas, takut, dan lainnya. Bahasa tubuh kucing merupakan ekspresi dari kucing dan dapat digunakan sebagai indikator kesehatan,” terang drh. Tetty.

Baca Juga  PKS Kota Bogor Usulkan Dua Kadernya Maju Jadi Cawalkot Bogor 2024

8. Lakukan perawatan kesehatan rutin
Perawatan ini meliputi cek kesehatan rutin setiap enam bulan sekali. Cek rutin bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan kucing sehingga terhindar dari penyakit.

Atau endoparasit, ataupun ektoparasit seperti pinjal dan lainnya. Selain itu, pastikan kucing mendapat vaksinasi dan obat cacing (deworming).

Jenis vaksinasi yang dibutuhkan di antaranya vaksin:

Feline panleukopenia virus (FPV)
Feline herpes virus type 1 (FHV 1)
Feline calicivirus (FCV)
Feline rhinotracheitis
Chlamydia
Feline infectious peritonitis
Rabies

Sedangkan pemberian obat cacing dilakukan 2 sampai 3 kali setahun,” jelasnya. (kompas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.