Angka Pensiun Tidak Sebanding Dengan Rekrutmen, Jumlah PNS Kota Bogor Masih Jauh dari Ideal

by -
Ilustrasi.

METROPOLITAN.id – Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menegaskan bahwa jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih jauh dari ideal kebutuhan.

Meskipun ada penerimaan CPNS untuk tahun 2021 sekitar 200-an formasi, nyatanya jumlah PNS yang pensiun pada 2021 dan 2022 saja lebih banyak dibanding jumlah tersebut. Yakni 360 dan 325 orang.

“Kalau bicara rasio antara kebutuhan dengan alokasi, memang sangat jauh. Idealnya rekrutmen tahunan harusnya mendekati jumlah yang pensiun,” kata Dedie kepada Metropolitan.id, Selasa (25/1).

Termasuk, sambung dia, mengantisipasi kebijakan penghentian tenaga honorer dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) di tahun 2023.

“Sementara jumlah guru non PNS masih dikisaran ribuan orang,” ujarnya.

Baca Juga  Jelang Lebaran, Warga Bogor Mulai Serbu Pasar dan Pusat Perbelanjaan

Menurutnya, salah satu upaya untuk mengantisipasi angka yang belum ideal itu adalah melakukan efisiensi dan optimalisasi dari tenaga eksisting dengan prinsip Reformasi Birokrasi.

“Yakni memaksimalkan fungsi pegawai fungsional yang ada,” imbuh Dedie.

Sebelumnya, tak kurang dari 325 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal pensiun atau memasuki masa purna bakti pada tahun 2022.

Dari jumlah itu, ada dua orang pejabat eselon II yang pensiun pada tahun ini. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Formasi Data dan Penatausahaan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Bogor Aries Hendardi.

“Total PNS yang pensiun tahun ini ada 325 orang. Untuk eselon II, ada dua orang,” katanya kepada Metropolitan.id, Selasa (25/1).

Baca Juga  Meski PSBB, Pasar di Bogor Penuh Sesak

Ia menambahkan, dua pejabat eselon II di Pemkot Bogor yang akan pensiun pada tahun ini yakni Anggraeny Iswara, yang kini duduk sebagai Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan.

Serta Erna Hernawati, yang kini dipercaya sebagai Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor.

“Bu Anggraeny itu (pensiunnya) bulan November 2022. Kalau Bu Erna karena lahir Desember, jadi purna bakti-nya pada 1 Januari 2023,” jelas Aries.

Pada 2021, kata Aries, tak kurang dari 360 PNS Pemkot Bogor sudah memasuki masa purna bakti atau pensiun dari berbagai golongan.

Di sisi lain, Kota Bogor juga sudah menyelesaikan proses tes seleksi CPNS untuk 591 formasi di Pemkot Bogor. Salah satunya untuk menutup kekurangan pegawai yang memasuki masa pensiun.

Baca Juga  Usai Demo di Depan Istana Bogor, 26 Mahasiswa Diamankan Polisi

Terbagi atas 257 formasi untuk CPNS dan 334 untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Sebanyak 591 formasi yang dibutuhkan 591 formasi ASN terdiri dari CPNS 257 formasi dan PPPK guru 334 formasi,” tuturnya.

Jika mengacu kepada jumlah ASN Kota Bogor, jumlahnya masih jauh dari kata ideal. Karena idealnya 1,5 persen sampai 2 persen dari jumlah penduduk.

“Seharusnya, Pemkot Bogor memiliki sekitar 12 ribu ASN. Sedangkan saat ini, jumlah ASN 6.365 orang,” ucapnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.