Aplikasi P-Care Mudahkan Petugas Kebut Vaksinasi Demi Capai Herd Immunity

by -

METROPOLITAN.id – BPJS Kesehatan sebagai badan yang ditunjuk langsung oleh pemerintah untuk membantu percepatan proses vaksinasi Covid-19, terus berkomitmen memberikan dukungan terhadap langkah pemerintah melalui penyediaan aplikasi Primary Care (P-Care) Vaksinasi Covid-19. Termasuk di Kota Bogor.

Aplikasi tersebut pun bermanfaat membuat pelaksanaan vaksinasi menjadi lebih menghemat waktu dan tenaga. Sehingga terpantau dan terlapor dengan baik pemerintah melalui di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor.

Kemudahan tersebut juga dirasakan oleh Penanggung Jawab Vaksinasi Puskemas Kayumanis Kecamatan Tanahsareal, Haerudin. Ia menilai aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 besutan BPJS Kesehatan ini sangat simpel serta pemakaian yang tidak sulit. Sehingga sangat memudahkan masyarakat hingga petugas dalam melayani vaksinasi Covid-19, terkait data hingga proses vaksinasi sendiri.

Baca Juga  Dua Pabrik Obat Buang Limbah B3 ke Sungai Cicadas

“Sangat mudah menggunakan P-Care ini, tampilan antarmuka pengguna juga sangat simpel dan menurutnya saya tidak rumit sehingga kami para petugas pendaftaran ataupun operator vaksin lainnya nyaman mengoprasikannya. P-Care juga sangat membantu untuk mempersingkat waktu penginputan data maupun pelaporan. Sebab dengan aplikasi P-Care, petugas bisa langsung menarik data sebagai luaran laporan,” kata Haerudin saat ditemui tim Jamkesnews di salah satu sentra vaksinasi di Kota Bogor, Rabu (01/22).

Haerudin menambahkan bahwa hampir 80 persen masyarakat Kota Bogor yang telah menerima vaksinasi untuk dapat dimasukan proses skriningnya menggunakan P-Care.

Dengan adanya aplikasi tersebut, Haerudin merasa dimudahkan untuk melakukan pelaksanaan vakasinasi kepada masyarakat Secara umum, ia memuji adanya aplikasi P-Care dalam pelaksana vaksinasi karena memudahkan kerja petugas dalam melakukan vaksinasi.

Baca Juga  Pasutri Dalam Komplotan Maling Ruko di Bogor, Si Istri Dijadikan 'Intel'

Ia berharap aplikasi ini semakin berkembang, apalagi di tengah upaya pemerintah mengejar herd imunity atau kekebalan kelompok melalui kebut vaksinasi kepada masyarakat.

“Intinya sudah bagus, sangat membantu apalagi di tengah upaya pemerintah mengejar Herd Imunity dengan menggencarkan vaksinasi di berbagai lokasi termasuk Kota Bogor.

Semoga aplikasi ini semakin berkembang untuk memenuhi kebutuhan operator dalam mencatat data para peserta vaksinasi sehingga memudahkan untuk menyusun laporan dan menghitung jumlah penduduk yang sudah mendapatkan vaksin,” tutup Haerudin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.