Awal Tahun Mau Beli Mobil Bekas? Jangan Sampai Lupa Perhatikan 6 Hal Ini

by -
IST/kompas.com

METROPOLITAN.id – Dengan membeli mobil bekas, pengguna bisa ‘upgrade’ model tapi masih bisa menghemat cukup banyak uang.

Ada beberapa kiat mendapatkan mobil bekas berkualitas bagus yang bisa dibuild sesuka hati. Salah satunya, jangan lupa menentukan kemampuan finansial

Sebelum memutuskan membeli mobil bekas, kalian sebaiknya menghitung dengan cermat berapa banyak uang yang bisa kalian keluarkan untuk membeli mobil.

Jumlah uang tersebut sudah termasuk biaya registrasi, asuransi, dan perawatan rutin.

Oleh karena itu, kalian harus menentukan kemampuan finansial kalian untuk menghindari membeli mobil dan kemudian harus menjualnya karena kalian tidak mampu untuk ‘menaikkan’ mobil tersebut

Berikut tips untuk memeriksa mobil sebelum membelinya :

1. Mobil bekas terlihat baru

Sebelum menjual mobil, sebagian besar pemilik mobil akan mencoba modifikasi mobil terlihat lebih baru dan menyembunyikan noda atau bahkan bekas tabrakan.

Sebenarnya, tidak sulit untuk menemukan bengkel mobil berkualitas tinggi yang dapat membuat mobil lama terlihat seperti baru.

Baca Juga  Hujan Deras, 13 Titik di Kota Bogor Terendam Banjir

Jadi, Anda perlu hati-hati dalam mengecek kendaraan mobil yang Anda ingin beli.

2. Eksterior, warna cat mobil

Penilaian menyeluruh terhadap eksterior kendaraan adalah langkah pertama yang harus dilakukan saat memeriksa kendaraan bekas.

Ini membantu untuk mengidentifikasi kondisi kendaraan termasuk cat, tanda-tanda benturan atau apakah betul pemilik merawat mobil secara rutin atau tidak.

Sebuah mobil dengan cat asli, tanpa lecet atau goresan kecil, berarti telah digunakan dengan hati-hati dan hampir bebas dari benturan.

3. Interior mobil
Setiap detail di dalam mobil perlu diperhatikan dengan cermat termasuk: pembuka pintu, tuas persneling, kulit interior mobil, jok.

Jika detail di atas tampak berubah warna, berarti pemilik sebelumnya sering menggunakan mobil tersebut.

Gunakan tombol-tombol di mobil seperti tuas, kendalikan AC, atur pintu ke atas dan ke bawah untuk melihat apakah fitur-fiturnya berfungsi dengan baik. Apa AC mobil dingin? Apakah ada masalah dengan tombol kontrol?

Baca Juga  Reaksi Mahfud MD Terkait Pembubaran Pengajian Ustaz Khalid Basalamah

4. Ban mobil

Periksa kondisi ban. Tapak ban mobil akan jadi lebih dangkal jika banyak dipakai, menunjukkan bahwa pemilik mobil tidak memeriksa dan merawat mobil secara teratur.

Apakah ban tetap ada di poros? Jika pada saat kendaraan dalam keadaan diam, poros roda depan dan belakang tidak sejajar, kendaraan telah terkena sasis karena benturan kuat yang mempengaruhi struktur kendaraan.

Biasanya mobil dengan kondisi seperti itu akan dapat diskon dengan sangat murah. Namun, pembeli sama sekali tidak boleh mengeluarkan uang untuk membeli mobil ini.

5. Mesin mobil

Saat membuka kap mesin mobil, Anda perlu mengamati dan evaluasi kondisi tangki air, oli mesin, dan mesin mobil.

Apakah tangki air memiliki cukup air pendingin? Apakah ada noda di botol? Ini merupakan tanda bahwa pemilik mobil telah rutin merawat mobilnya.

Baca Juga  Sentul City Salurkan 25 Hewan Kurban ke Warga Bogor

Jika tangki air sering kekurangan air, mesin mobil tidak didinginkan secara efektif, lalu mempengaruhi performa mesin.

Anda seharusnya memeriksa jumlah oli di mobil untuk melihat apakah itu cukup? Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kebersihan dan kekentalan oli. Seperti yang Anda ketahui, mesin mobil hanya bisa bekerja dengan baik dan stabil jika oli mobil cukup dan diganti secara berkala.

6. Dokumen kendaraan terkait

Hal ini diperlukan untuk memverifikasi dokumen kendaraan saat jual beli mobil bekas. Kendaraan harus memiliki semua dokumen yang membuktikan asal-usulnya.

Sebaiknya membeli mobil yang sudah dipindahtangankan atas nama pemiliknya dan hindari mobil yang tidak jelas asal usulnya.

Pembeli hanya dapat mentransfer nama ketika mobil memiliki semua surat-surat resmi.

Periksa juga surat-surat garansi dan perawatan kendaraan

Periksa jadwal perawatan kendaraan. Kendaraan dengan kualitas terjamin biasanya merupakan kendaraan yang rutin dirawat. (gridoto.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.