Bupati Bogor Tinjau Hasil Pembangunan Samisade di Kecamatan Cariu, Bangun Jalan Sepanjang 18.739 Meter di 10 Desa

by -

METROPOLITAN – Menga­wali kegiatan di 2022, Bu­pati Bogor Ade Yasin di­dampingi wakilnya, Iwan Setiawan, melakukan kun­jungan kerja (kunker) dalam Saba Desa ke wilayah Keca­matan Cariu, Kabupaten Bogor, Rabu (19/1).

Kunker Saba Desa diawali peresmian Taman Tematik Kecamatan Cariu, dilanjutkan kegiatan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dua kepala desa terpilih antar­waktu, yakni kepala desa Me­karsari, Kecamatan Cileung­si, dan kepala desa Sukajadi, Kecamatan Cariu, yang dilaks­anakan di Taman Tematik, Kecamatan Cariu.

Kegiatan kemudian dilanjut­kan peninjauan pelaksanaan vaksin anak sekaligus melun­curkan vaksin anak usia 6–11 tahun di SDN 01 Cariu, yang diakhiri peninjauan hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan peningkatan infrastruktur jalan desa mel­alui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) sepanjang 18.739 meter.

Baca Juga  Cihuy! Lima Desa di Dramaga Tunggu Duit Samisade Cair

Bupati Bogor Ade Yasin me­nyampaikan bahwa program Samisade merupakan program yang cukup dinanti masyara­kat. Sebab, selain dapat mengangkat pembangunan di desa, juga dapat mengang­kat perekonomian desa.

Ia menuturkan, Samisade tidak hanya keinginan ke­pala desa tapi juga jadi ke­inginan masyarakat. Karena itu, dalam peraturan bupati (perbup) disampaikan bahwa infrastruktur yang dibangun dengan program Samisade harus selalu dilakukan mela­lui musyawarah desa (musdes).

“Artinya ini harus disepa­kati musdes. Di musdes itu ada pak RT, ada RW, ada tokoh masyarakat, ada BPD, tokoh-tokoh desa, alim ulama, dan lainnya. Sehingga apa yang dibangun kepala desa meru­pakan keinginan dari masy­arakat, bukan keinginan ke­pala desa. Segera lakukan konsolidasi, sesuaikan peren­canaan dengan visi dan misi, juga target Pancakarsa,” tutur Ade Yasin.

Baca Juga  Ini Alasan Bupati Ogah Cairkan Samisade Tahap II

Ia pun meminta menyege­rakan pekerjaan-pekerjaan yang masuk desa. “Saya tahu dengan peraturan yang baru 40 persen untuk BLT, sisanya untuk kerawanan pangan dan lainnya. Tapi bersyukurlah Kabupaten Bogor masih bisa membangun infrastruktur dengan Samisade. Saya kira ini pengembangan-peng­embangan yang harus dila­kukan, termasuk juga BUMDes, ini juga harus jalan,” tegasnya. (eka/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.