Bupati Dorong ICA Perkenalkan Kuliner Lokal ke Mancanegara

by -

METROPOLITAN – Bupati Bogor Ade Yasin mendorong Indonesian Chef Association (ICA) sebagai organisasi pe­giat kuliner untuk terus mem­perkenalkan kuliner asli In­donesia ke mancanegara. Hal tersebut dikatakannya saat membuka acara Anniversa­ry ke-15 ICA, di AEON Mall, Sentul, Babakanmadang, Selasa (25/1).

Ade Yasin mengungkapkan bahwa kita harus terus mem­perkenalkan makanan kita ke luar negeri. Makanan da­pat membuat kita bahagia, menjadi pemersatu bangsa, serta menjadi penyemangat dalam hidup. Kuliner tradi­sional sudah masuk hotel-hotel bintang lima, seperti colenak asal Sunda, bahkan ada juga bala-bala atau bak­wan. Artinya makanan bisa menyentuh semua kelas dan kalangan, sehingga kita bisa dipersatukan makanan.

“Makanan khas daerah juga bisa menjadi duta pro­mosi yang efektif. Masyarakat kita familiar dengan makanan Jepang, seperti sushi, ramen, atau pizza Italia, atau mie samyang ala Korea, rendang Padang, dan lain-lain pada­hal belum tentu pernah ber­kunjung ke daerah tersebut. Yang pernah makan, bahkan menggemari makanan Jepang belum tentu orang tersebut sudah pernah ke Jepang,” ungkap Ade.

Baca Juga  Kuliner Musim Mangga, Ketan Mangga Ala Thailand

Ade menyebutkan, peran komunitas penggiat kuliner diharapkan terus berupaya untuk pengembangan eko­nomi kreatif demi mendukung program pariwisata, karena pariwisata tidak dapat lepas dari kuliner. Kalau pariwisa­tanya bagus, tapi tidak ada kulinernya sama seperti orang menikmati keindahan tapi kelaparan.

“Di Kabupaten Bogor al­hamdulillah sudah ada yang namanya gerakan pangan lokal, artinya bahan-bahan makanan yang ada di Kabu­paten Bogor seperti beras, ubi, talas dan lain-lain, kita galakkan menjadi olahan berbagai jenis makanan yang kita kenalkan ke seluruh nusantara dan dunia,” ujar Ade.

Ade menambahkan, dengan terkenalnya produk makanan asal Kabupaten Bogor ini, mudah-mudahan bisa men­jadi industri yang akhirnya bisa dikembangkan dan mampu menaikkan peran UMKM dan usaha-usaha kecil lainnya, agar mereka bisa berkiprah di dunia ku­liner, dan tentunya menam­bah daya tarik wisatawan ke Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Ramen Cokelat, Menu Istimewa

“Hari ini kita merayakan hari ulang tahun ke-15 ICA. Semoga ICA semakin solid dan terus berkembang dalam memajukan profesi chef In­donesia agar semakin berdaya saing dan menduduki kuliner tertinggi di Indonesia,” tandas Ade.

Presiden Indonesian Chef Association (ICA), Chef Hen­ry Alexie Bloem, yang hadir secara virtual berharap hari ini menjadi momentum pe­ningkatan peran organisasi yang lebih berkambang lagi. 15 tahun adalah perjalanan panjang yang telah kita lalui bersama, keberhasilan, pre­stasi, dan kreasi yang kita capai merupakan hasil ker­jasama yang kita lakukan.

“ICA selalu kokoh dalam mengambangkan organisasi dan kuliner Indonesia. Se­moga di hari jadi ke 15 ini menjadi titik tolak bagi ICA untuk senantiasa melakukan perubahan yang lebih baik lagi, serta menjadi organi­sasi yang terbaik dalam me­majukan indonesia khusus­nya di bidang kuliner,” kata Henry Alexie Bloem melalui sambungan virtual dari Be­landa. (*/eka/run)

Baca Juga  Resep Botok Jamur Tiram Pedas Ala Rumahan Praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published.