Camat Cijeruk Canangkan Program ‘Menanam Emas di Halaman Sendiri’

by -
METROPOLITAN.id РCamat Cijeruk, Bangun Septa Siswa, ingin menjadikan wilayah Kecamatan Cijeruk menjadi sentra unggulan durian Musang King dan alpukat sebagai produk unggulan di setiap desa. Hal ini dilihat dari kondisi lingkungan dan lahan yang luas  serta sebagian penduduknya merupakan petani. Sehingga dapat dimanfaatkan menjadi potensi daerah.
“Sesuai dengan karakter wilayah dari sembilan desa, durian Musang King dan alpukat dapat tumbuh baik di wilayah Gunung Salak di bawah 600 mdpl. Makanya kita canangkan ‘Menanam Emas di Halaman Sendiri’ karena mahalnya harga buah durian ini,” ujar Bangun kepada Metropolitan.id, Minggu (16/1/2022).
Ia menjelaskan durian musang king bisa dijual Rp400 ribu per kilo. Sedangkan alpukat masih banyak memesan dari luar daerah. “Padahal potensi kita banyak, makanya kita juga menanam pohon alpukat di setiap desa,” katanya.
Sebagai langkah awal Pemcam Cijeruk bersama pemdes dan Yayasan Durian Indonesia telah membagikan 1.000 pohon Durian Musang King kepada masyarakat untuk ditanam di halaman rumahnya.  Sedangkan cara pembibitan, pemupukan dan perawatan secara konsisten, Yayasan Durian Indonesia akan memberikan pengetahuan dasarnya melalui Gapoktan yang ada di desa.
“Kemarin kita sudah awali di Desa Cibalung. Selanjutnya wilayah yang akan dijadikan penanaman bibit sebagian Cipelang, Cibalung, Cipicung, Palasari, sebagian Cijeruk wilayah ini difokuskan durian dan sebagian wilayah desa lain untuk penanaman bibit alpukat. Kenapa Durian karena harganya stabil, tidak seperti jeruk yang harganya tidak stabil cenderung naik turun dan hanya beberapa tahun saja. Beda dengan durian akan terus berbuah dan harga yang sangat tinggi dengan peminatnya banyak,” paparnya. (Nto/b/els)

Baca Juga  Ade Yasin Perketat Aturan Acara Kerumunan Massa dengan Perubahan Kepbup

Leave a Reply

Your email address will not be published.