Daftar UTBK-SBMPTN Tunggu Pengumuman SNMPTN Dulu

by -

METROPOLITAN – Siswa yang akan lulus tahun ini ber­kesempatan mengikuti Se­leksi Nasional Masuk Pergu­ruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Ne­geri (UTBK-SBMPTN). Namun mereka diminta mengikuti prosesnya, pertama adalah SNMPTN.

Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2022, Budi Prasetyo, menyampaikan agar para calon peserta diharapkan menunggu hasil SNMPTN terlebih dahulu sebelum mela­kukan pendaftaran UTBK-SBMPTN. Adapun pengumu­man SNMPTN pada 29 Maret 2022 dan pendaftaran UTBK-SBMPTN dimulai 23 Maret 2022. “Pendaftar SNMPTN tolong menunggu dulu dite­rima atau tidak diterima di jalur SNMPTN,” ujarnya dalam Sosialisasi Registrasi Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB secara daring, Senin (10/1).

Baca Juga  Lolos SNMPTN tapi tak Diambil, Sekolah Terancam Di-Blacklist

Jadi, sambung Budi, pendaf­tar SNMPTN harus lebih sabar, setidaknya menunda proses pendaftaran SBMPTN yang telah dibuka pada 23 Maret 2022. Mereka perlu menung­gu hasil terlebih dahulu, ka­rena peserta yang lolos SNMPTN tidak akan bisa mendaftar SBMPTN. “Kalau tidak diterima baru mendaf­tar di SBMPTN. Dan itu se­cara sistem sudah kita kunci. Jadi adik-adik tidak mungkin bisa mendaftar UTBK-SBMPTN bagi siswa yang mendaftar SNMPTN dan lolos SNMPTN,” imbuhnya.

Adapun peserta yang bisa mendaftar UTBK-SBMPTN tepat pada tanggal dibukanya pendaftaran adalah siswa gap year. Namun, siswa gap year itu dibatasi maksimal dua tahun, yakni hanya lulusan 2020 dan 2021.

Pasalnya, siswa gap year tidak dapat mengikuti proses SNMPTN 2022. Siswa gap year pun diminta kembali membuat akun LTMPT pada 14 Februari–17 Maret 2022 untuk mengikuti SBMPTN 2022. “Lulusan 2020, 2021 harus bikin akun baru pada 14 Februari sampai 17 Maret 2022,” tandas Budi. (jp/feb/py)

Baca Juga  Jangan Ketinggalan Pengumuman SNMPTN 2021, Begini Cara Cek Namamu

Leave a Reply

Your email address will not be published.