Dalam Setahun 74 Ribu Warga Jadi Korban Bencana di Kabupaten Bogor

by -

METROPOLITAN – Sepanjang 2021 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat sebanyak 1.283 bencana alam terjadi di Kabupaten Bogor. Longsor menjadi bencana yang kerap terjadi satu tahun terakhir. ”Ada 1.283 bencana yang terjadi. Itu tersebar di 320 desa dan kelurahan di 40 keca­matan di Kabupaten Bogor,” kata Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hassan.

Jika dirinci berdasarkan jenisnya, sambung dia, dari 1.283 bencana ter­sebut tanah longsor menjadi kate­gori bencana alam yang paling ba­nyak terjadi di Kabupaten Bogor sepanjang tahun lalu. Yakni, sebanyak 513 kejadian, disusul angin kencang 449 bencana dan 112 bencana banjir. Akibat ben­cana tersebut, BPBD Kabu­paten Bogor mencatat seba­nyak 74.084 warga menjadi korban. “Dari 74.084 warga yang menjadi korban, 28 warga meninggal dunia, 1 luka berat, 3 luka sedang, 15 luka ringan dan 559 warga mengungsi,” paparnya. ­

Baca Juga  Kapolsek Cigudeg Ajak Warga tak Ragu Bantu Korban Bencana

Di sisi lain, Yani Hassan mengaku sudah menyiagakan para personel sebagai upaya mitigasi bencana 2022. Khu­susnya pada musim penghu­jan, di mana puncak musim penghujan diprediksi Januari dan Februari. ”Setiap saat kita selalu siaga. Mitigasi sudah kita lakukan di beberapa wi­layah rawan bencana,” katanya.

Meski demikian, Yani Hassan mengakui jika cuaca di Ka­bupaten Bogor sulit dipre­diksi. Sebab, Bogor ini telah diakui BMKG masuk kate­gori non-ZOM (Zona Musim, red) yang sulit ditebak.

“Ketika di daerah lain masih musim kemarau, di Bogor sudah musim hujan meskipun hujan lokal atau sebaliknya. Kondisi alam di Bogor ini berbeda dengan wilayah lain­nya. Cenderung basah di Bo­gor ini,” katanya.

Baca Juga  Ada Kemungkinan Warga Korban Pergeseran Tanah Sukamakmur Direlokasi, Pemkab Tunggu Kajian Ahli

Untuk itu, ia meminta ma­syarakat tetap waspada. “Jelang puncak musim hujan, kita akan terus menyiagakan Desa Tangguh Bencana (De­stana). Kita juga berharap masyarakat selalu waspada,” ungkapnya. (mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.