Gedung Pustu di Gunungsindur Rusak Parah, Khawatir Ambruk, Minta Dinkes segera Perbaiki

by -

Bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kampung Salabentar Cikuya, RT 10/02, Desa Jampang, Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor, sangat memprihatinkan. Bangunan yang sudah termakan usia itu dikhawatirkan ambruk.

BIDAN Pustu Cikuya, Hani Rahmawatty, mengaku sudah empat tahun pustu menga­lami kerusakan hampir 90 persen, terutama yang terpa­rah di bagian atap dan dinding yang sudah keropos.

”Bagian belakang itu atap genteng sudah bocor semua dan tidak ada septic tank se­jak dibangun. Bangunan pustu ini nyaris semua rusak,” ung­kapnya.

Menurut Hani, bagian pe­layanan kamar sejak selesai diperbaiki sudah bocor dan tidak ada perbaikan lagi. Se­hingga tidak digunakan lagi sejak rusak. ”Sebelum pan­demi ada peninjauan dari dinkes, kemungkinan dana perbaikan pustu ini terpang­kas untuk covid, sehingga tidak ada perbaikan. Saya berharap pemerintah mela­kukan rehab total,” pintanya kepada Metropolitan, kema­rin.

Baca Juga  64 Tim Rebutkan Piala Satria Muda

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Jampang, Maman Suherman, meminta Pemerin­tah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Keseha­tan segera memperbaiki bangunan pustu, karena kon­disinya sangat memprihatin­kan. Sebab, pustu tersebut melayani masyarakat di dua desa Kecamatan Gunungsin­dur, yakni Desa Jampang dan Desa Ciseeng.

”Soal bangunan rusak, saya sudah usulkan pada 2021, namun terkendala Covid-19. Semoga melalui Dinas Kese­hatan Kabupaten Bogor pustu segera diperbaiki dan bisa memberikan pelayanan,” pungkasnya. (sir/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.