Golkar Puji Program Pemkab Bogor Samisade, Minta Dilanjutkan, Dinilai Bantu Kades Wujudkan Keinginan Warga

by -

Kunjungan Bupati Bogor Ade Yasin pada program Saba Desa di Kecamatan Cisarua kemarin diteriaki ’Lanjutkan Dua Periode’, baik dari warga maupun para kepala desa (kades). Sebagian besar merasakan kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang dipimpin Ade Yasin. Termasuk pujian terhadap program Satu Miliar Satu Desa (Samisade).

PUJIAN terhadap program Samisade juga dilontarkan Ketua DPD Golkar Wawan Hikal Kurdi yang hadir dalam Saba Desa di Kecamatan Ci­sarua, kemarin. Ia meminta Ade Yasin melanjutkan pro­gram Samisade.

Wawan mengatakan, tanpa Ade Yasin, janji kepala desa kepada masyarakat soal pembangunan tidak akan terealisasi. ”Nah, dengan ada­nya program Samisade, janji-janji bangun jalan ke warga bisa terlaksana,” ujar Wawan disambut teriakan dari warga dan kades.

Baca Juga  Andalkan Program Samisade, Warga Parungponteng bakal Punya Jalan

Terpisah, Ade Yasin menga­takan, program Samisade harus bermanfaat bagi ma­syarakat Kabupaten Bogor. Ia mengaku berterima kasih yang setinggi-tingginya kepada tim percepatan pembangunan Kabupaten Bogor, termasuk unsur Muspika Cisarua, Ka­bupaten Bogor.

”Kami berkomunikasi menja­ring aspirasi, terus kami tam­pung ke semua kepala desa agar segala sesuatu yang di­inginkan bisa didorong me­mudahkan komunikasi dan sinergitas,” ujarnya.

Namun, Ade Yasin meng­ingatkan semua kades agar berhati-hati menggunakan anggaran Samisade ini.

”Jangan menganggap ini adalah hadiah dari bupati. Anggaran ini ada aturannya juga, ada aturan main, ada administrasi yang harus di­tempuh seperti perencanaan­nya. Kenapa perencanaan itu harus melalui musdes, ka­rena ini harus dibahas betul di masyarakat. Mana yang lebih membutuhkan mana, yang harus diprioritaskan,” jelasnya.

Baca Juga  12 Desa di Kecamatan Citeureup Punya Jalan Mulus Hasil Samisade

Ia menuturkan, Samisade ini haknya kades untuk membangun dan disalurkan bagi infrastruktur. ”Ini program berkelanjutan selama saya masih jadi bupati, program ini akan tetap ada. Setelah infrastruktur semuanya sele­sai, Samisade bisa digunakan untuk pemberdayaan, me­majukan BUMDes, UKM, usaha desa, dan lainnya. Ten­tunya Samisade ini untuk merealisasikan desa yang maju,” ungkapnya. (jal/cels/ run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.