H+2 Libur Tahun Baru, 41.285 Kendaraan Masuk Kota Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Polresta Bogor Kota mencatat ada 41.285 kendaraan roda empat yang masuk ke Kota Bogor pada hari kedua libur tahun baru 2022, Minggu (2/1). Jumlah ini terhitung sejak pukul 06:00 hingga 14:00 WIB.

 

Kasatlantas Polresta Bogor Kota, AKP Galih Apria menuturkan, khusus untuk hari kedua libur tahun baru 2022, peningkatan arus kendaraan lalulintas di Kota Bogor terjadi pada pukul 13:00 WIB.

 

“Iya, ada peningkatan tadi di pukul 1. Imbas satu jalur dari arah bawah kawasan Puncak, Kabupaten Bogor,” kata Kasatlantas, Minggu (2/1).

 

Menurutnya, mengantisipasi kepadatan meluas, pihaknya langsung menempatkan sejumlah anggota di interchange menuju Kota Bogor, lalu mengalihkan kendaraan-kendaraan yang hendak masuk ke Kota Bogor ke Tol Jambu Dua atau gerbang Tol BORR.

 

“Sampai saat jam 16:00 sudah normal kembali dan mereda, aktivitas kendaraan sudah menurun,” ucap Kasatlantas.

Baca Juga  Akhir Tahun, Pemkot Segera Buka Seleksi Kursi Bos Perumda Jasa Transportasi Pakuan

 

“Tapi ada juga peningkatan hingga pukul 14:00 di exit tol Bogor, tetapi secara keseluruhan di SSA, jalan Pajajaran yang mengelilingi Istana Bogor dan KRB bisa dikendalikan,” sambungnya.

 

Soal kondisi arus lalulintas di wilayah perbatasan, ditambahkan Kasatlantas, juga ada peningkatan khususnya di wilayah Barat, Tanah Sareal dan Bogor Selatan. Namun, hingga pukul 16:00 WIB, kepadatan berhasil diurai.

 

“Jam 4 sudah mereda dan masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing untuk persiapan besok masuk kerja,” ujarnya.

 

Adapun rincian jumlah kendaraan yang masuk dan keluar Kota Bogor berdasarkan catatan dari Polresta Bogor Kota pada Minggu (2/1) dari pukul 06:00 hingga 14:00 WIB.

 

Kendaraan yang masuk ke Kota Bogor via gerbang Tol Bogor berjumlah 26.274 kendaraan. Lalu, untuk keluarnya berjumlah 20.616 kendaraan.

Baca Juga  Disambut Kekompakan Bima Arya-Kang Emil di Bogor, Menlu Elizabeth Bawa Ekonomi Kreatif Jabar ke Inggris

 

Sedangkan, kendaraan yang masuk ke Kota Bogor via Tol BORR berjumlah 15.011 kendaraan. Lalu, untuk keluarnya berjumlah 30.165 kendaraan.

 

Sebelumnya, hari kedua pasca libur tahun baru 2022, Kota Bogor mulai dipadati ratusan kendaraan asal Jakarta pada Minggu (2/1). Mulai dari kendaraan pribadi baik roda dua hingga empat.

 

Hal itu pun diamini Wali Kota Bogor, Bima Arya. “Hari ini mulai padat, terjadi peningkatan arus dari Jakarta masuk ke Bogor, makanya kita (akan) berkeliling (pemantauan),” kata Bima Arya kepada wartawan, Minggu (2/1).

 

Menurutnya, pemantauan yang akan dilakukannya menyasar ke sejumlah titik pintu masuk ke Kota Bogor. Salah satunya yakni di Stasiun Bogor.

 

Disisi lain, Bima Arya mengakui, kepadatan yang terjadi di wilayah Kota Bogor saat ini terjadi karena pengendara dari Jakarta ingin berwisata di Kota Bogor.

Baca Juga  Perpustakaan Nasional Siap Gelar HUT ke-42, Literasi Digital Digemakan

 

Untuk itu, Bima Arya tetap mengingatkan kepada para pelaku tempat wisata yang ada di Kota Bogor, untuk tetap menerapkan aplikasi Pedulilindungi, sebagai syarat pengunjung bisa masuk ke tempat wisata.

 

“Kami ingatkan untuk tetap menerapkan aplikasi pedulilindungi, ini juga untuk menekan itu, kalau tidak ada tidak bisa masuk juga,” ingat Bima Arya.

 

Pantauan Metropolitan.id di Terminal Baranangsiang sekitar pukul 12:30 WIB, terlihat kepadatan arus lalulintas sudah terjadi mulai dari putaran tol Jagorawi menuju Terminal Baranangsiang. Antrean kendaraan bahkan terjadi hingga putaran SSA Kota Bogor (Istana Bogor).

 

Sementara itu, kepadatan kendaraan juga terlihat di tempat wisata Kebun Raya Bogor. Ratusan warga terlihat mengunjungi lokasi wisata kebanggaan masyarakat Kota Hujan, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi publik lainnya. (rez) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.