Imbas Proyek Double Track di Stasiun Batutulis Bikin Akses Jalan Terputus

by -

METROPOLITAN – Pembangunan double track atau rel ganda Bogor-Suka­bumi ditengarai hampir ram­pung bahkan segera uji coba Maret 2022. Dampaknya pe­rubahan pada kawasan Sta­siun Batutulis, termasuk jalan eksisting yang menghubung­kan antara Jalan Batutulis ke arah Cipaku-Pamoyanan, bakal hilang.

Hingga saat ini, belum di­putuskan solusi dampak ter­sebut. Mulai dari usulan Pe­merintah Kota (Pemkot) Bogor untuk membangun ramp atau membangun underpass untuk akses tersebut.

Kepala Balai Teknik Perke­retaapian wilayah Jawa Ba­gian Barat, Erni Basri, mem­benarkan ada usulan dari Pemkot Bogor terkait pembangunan ramp untuk akses pertemuan jalur kereta api dengan jalan raya di Stasiun Batutulis yang menghubungkan Jalan Batutulis dengan Cipaku-Pamoyanan. Hal itu merupakan salah satu pilihan konstruksi. ­

“Usulan Pembangunan Ramp oleh Pemkot Bogor terkait akses pertemuan jalur KA dengan jalan raya di Stasiun Batutulis antara Istana Batu­tulis-Cipaku-Pamoyanan itu merupakan salah satu pilihan konstruksi,” katanya kepada Metropolitan, belum lama ini. Selain itu, sambung dia, ada beberapa opsi lain. Di anta­ranya membangun underpass. Tak hanya itu, ada juga opsi untuk memindahkan perlin­tasan sebidang eksisting.

Baca Juga  Imbas Proyek Double Track, Pemkot Bogor-Dirjen Kereta Api Gamang Mau Bangun Underpass atau Fly Over di Stasiun Batutulis

“Ada tipe underpass atau pemindahan perlintasan se­bidang eksisting JPL 10 yang dapat dijadikan alternatif untuk direkomendasikan se­bagai bagian dari Penataan Stasiun Batutulis,” ujarnya.

Apa pun nanti yang dipilih, sambung Erni, pemilihan konstruksi akan memper­timbangkan aspek-aspek pe­nilaian waktu pelaksanaan, metode kerja, dampak kon­struksi dan aspek-aspek pe­nilaian lainnya.

Sebelumnya, Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh, menu­turkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dengan stakeholder perkeretaapian masih melakukan pemetaan terkait akses jalan dari Jalan Batutulis ke arah Cipaku- Pamoyanan yang nantinya membelah Stasiun Batutulis, setelah direvitalisasi dampak dari pembangunan Double Track Bogor-Sukabumi.

“Sedang di-mapping. Mulai dari pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), termasuk jalan ini. Jalan akses dari Jalan Batutulis ke arah Cipaku-Pamoyanan, karena ada perubahan di jalan eksis­ting,” katanya.

Baca Juga  Dewan Pertayakan Relokasi Stasiun Batutulis

Pilihan atau opsi yang kini tengah digodok dan belum menemui kesepakatan, yakni pilihan membangun underpass atau flyover untuk akses jalan dari Jalan Batutulis ke arah Cipaku-Pamoyanan yang nantinya membelah Stasiun Batutulis.

“Apakah (dibangun) flyover atau underpass, itu belum (diputuskan). Kita bersama Dirjen Perkeretaapian sedang mengkaji semua kemungkinan, semua plus minusnya, dengan kontur dan elevasi kawasan yang ada dan sebagainya. Sedang dikaji,” tegasnya.

Ia memastikan meskipun jalan lama akan ditutup demi perubahan bentuk Stasiun Batutulis, tetap akan ada ak­ses jalan dari Jalan Batutulis menuju Cipaku-Pamoyanan dan sekitarnya.

“Harapannya bisa ‘membe­lah’ Stasiun Batutulis, stasiun besar ini nantinya. Tetap akan ada jalan, tidak terputus ak­sesnya. Namun sedang dipi­kir, underpass atau flyover,” tukas Hidayatulloh.

Baca Juga  Stasiun Batutulis bakal Digeser, Pemkot Meradang

Terkait rencana ini, Pemkot Bogor juga sudah berkirim surat kepada Badan Peng­elola Transportasi Jabodeta­bek (BPTJ) sebagai pengelo­la transportasi se-Jabodetabek terkait proses integrasi Batu­tulis dengan kawasan Trans­it Oriented Development (TOD) dan sekitarnya.

“Kita sudah berkirim surat ke BPTJ untuk proses inte­grasi Batutulis dengan kawa­san TOD dan sekitarnya. Itu pertama,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangu­nan Daerah (Bappeda), Rudi Mashudi. “Kedua, sedang disinergikan dengan peny­usunan detail tata ruang Bo­gor Selatan yang sedang dis­usun (dinas) PUPR (Peker­jaan Umum dan Penataan Ruang, red),” imbuhnya.

Menurutnya, ada harapan dari Pemkot Bogor agar pembangunan jalan tersebut bisa dibiayai pemerintah pu­sat karena proyek rel ganda masuk program strategis na­sional. (ryn/mam/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.