Jangan Tergiur Harga Murah, Ini Cara Pilih Bahan Material Bangunan Tahan Lama

by -

METROPOLITAN.id – Ingin memiliki rumah hunian yang bisa digunakan dalam jangka panjang, tak lepas dari bahan material yang dipilih.

Bukan rahasia umum lagi kalau material bangunan yang memiliki kualitas yang baik akan tahan lama.

Meskipun harga yang agak mahal tetapi akan memiliki kepuasan tersendiri.

Dikutip dari desainrumaharsitek77, ada beberapa tips yang digunakan untuk mendapatkan material yang bagus untuk bangunan yaitu:

Setiap bahan yang bagus punya ciri khas

Bahan bangunan memiliki ciri khas untuk mempermudah mengidentifikasi. Sebagai contoh dalam memilih genteng untuk kebutuhan atap rumah bisa menggunakan genteng keramik yang memiliki daya tahan tinggi.

Genteng keramik yang baik biasa menimbulkan suara yang nyaring ketika diketuk. Pilihlah genteng keramik yang memiliki material pewarna glazur yang dikenal lebih tahan lama.

Baca Juga  IPW Laporkan Penyidik Bareskrim Polri ke Propam, Ada Apa?

Begitu juga batu bata, karena batu bata yang baik bila diketuk-ketuk permukaannya akan mengeluarkan suara.

Batu bata yang baik juga tidak menyerap banyak air ketika direndam selama 24 jam. Besi beton yang baik juga memiliki ukuran yang konsisten dari ujung ke ujung.

Pertimbangkan iklim lokasi bangunan

Iklim dari lokasi bangunan yang hendak dibangun perlu dipertimbangkan. Apabila lokasi bangunan memiliki iklim panas maka bahan batu bata bisa jadi pilihan yang tepat. Rumah akan lebih sejuk saat cuaca panas. Pilihlah bahan bangunan yang memiliki pori-pori seperti batu bata agar suhu di dalam rumah menjadi sejuk.

Jika Kamu tinggal di kawasan yang dingin maka bahan metal atau batako akan lebih tepat untuk digunakan.

Baca Juga  Waw Persib Bandung Rajai "Rating" Tayangan Sepak Bola

Perhatikan pemeliharaan dan energi yang dibutuhkan agar tidak banyak menimbulkan biaya ke depannya, juga perlu mempertimbangkan aspek pemeliharaan bahan bangunan tersebut.

Pilih bahan yang menggunakan perawatan yang mudah dan lebih murah. Dengan begitu pengeluaran pemeliharaan bangunan tidak over budget.

Bahan bangunan yang menggunakan energi listrik yang besar juga akan memakan banyak biaya. Pilihlah bahan bangunan yang mampu menghemat energi.

Sebagai contoh manfaatkan jendela untuk memberikan sirkulasi udara agar lebih sejuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *