Kampus Bisa Terapkan Kuliah PTM 100 Persen

by -

METROPOLITAN – Pada semester depan, perguruan tinggi rencananya menerap­kan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kuliah secara penuh. Sudah ada sekitar 50 persen perguruan tinggi yang me­nyatakan siap menerapkan kebijakan itu.

Untuk itu, Plt Direktur Jende­ral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kemendikbudristek, Nizam, terus mendorong pelaksanaan vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan.

“Ya, jadi kita dorong betul yang belum vaksinasi untuk vaksi­nasi dan protokol kesehatan di kampus dijaga ketat. Saat ini (vaksinasi) sangat bagus. Kalau dosen dan tenaga kependidikan rata-rata di atas 80 persen-100 persen. Hanya komorbid yang tidak bisa dilakukan. Tapi se­cara umum sangat baik,” te­rangnya di kantor Kemendik­budristek, Jakarta, Selasa (4/1).

Baca Juga  Selingkuh dengan Teman Kantor saat Suami Studi di Luar Negeri (4)

Selain mendorong percepa­tan vaksinasi, kampus juga menyediakan fasilitas seper­ti thermogun dan wastafel. Nantinya juga akan ada Satgas Covid-19 Kampus untuk men­dukung berhasilnya pelaks­anaan PTM di lingkungan perguruan tinggi.

“Jadi banyak yang sudah di­siapkan. Thermogun tempat cuci tangan. Ada semacam pasukan siaga. Memantau memastikan teman-temannya siap semua. Ya bentuk satgas di kampus masing-masing. Banyak yang bagus praktik baiknya. Sedang kita kompi­lasi. Nanti sore kita merapat untuk membahas SOP itu (Satgas Kampus) untuk diguna­kan kampus kita,” bebernya.

Nizam kembali mengingatkan, meskipun sejumlah kampus sudah menyatakan kesiapan­nya untuk melaksanakan PTM secara penuh, tidak boleh ada keteledoran terkait protokol kesehatan. “Ya, jadi hati-hati lah. Meski melandai, kita semua tetap jaga-jaga. Hati-hati biar tak meledak lagi (kasus Covid-19, red),” pungkasnya. (jp/feb/py)

Baca Juga  Sebanyak 600 Dari Total 1.950 Mahasiswa Papua Sudah 'Pulang'

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *