Kekeruhan Sungai Ciliwung Tinggi, Perumda Tirta Pakuan Lakukan Berbagai Antisipasi

by -
Dirtek Perumda Tirta Pakuan Ardani Yusuf (paling kanan). (IST.)

METROPOLITAN.id – Lima bulan terakhir, tingkat kekeruhan air di Sungai Ciliwung rupanya cukup parah. Dari tingkat kekeruhan rata-rata 600 NTU, belakangan bisa mencapai 4.500 NTU. Hal itu berdampak terhadap kualitas sumber air dari Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

Meski begitu, Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor tetap berupaya memberikan pelayanan kepada pelanggan. Diantaranya dengan menurunkan kapasitas WTP Katulampa demi menjaga kualitas air.

“Perlu disampaikan bahwa wilayah pelayanan zona 7 WTP Katulampa dengan sumber air dari Sungai Ciliwung, sudah lima bulan belakangan kekeruhan Sungai Ciliwung rata-rata diatas 600 NTU,” kata Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf.

Bahkan, kata dia, kekeruhan air Sungai Ciliwung beberapa hari lalu bisa mencapai 4.500 NTU.

Baca Juga  Niat Ngerem Malah Injak Pedal Gas, Mobil Rusak Berat Tabrak Rambu Dilarang Parkir

“Karena itu untuk menjaga kualitas, kami menurunkan kapasitas WTP Katulampa dari 330 liter perdetik menjadi 280 liter perdetik,” ujarnya.

Ardani menambahkan, hal ini berpengaruh terhadap level di Reservoir Katulampa pada pagi hari. Biasanya kapasitas level Katulampa mencapai 4 meter, namun dengan kondisi saat ini hanya mencapai 2 meter.

“Kami sedang mencari inovasi terkait dengan kekeruhan yang cukup tinggi. Kami tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Bogor,” ujarnya.

Pihaknya juga telah mengimbau kepada masyarakat pelanggan Perumda Tirta Pakuan di zona 7 untuk menampung air sebagai antisipasi.

Selain itu, Perumda Tirta Pakuan juga akan menyiagakan lima armada tangki air demi membantu penyediaan air bersih untuk warga terdampak di zona 7, yang terganggu akibat kekeruhan air baku Sungai Ciliwung.

Baca Juga  Kajian Air Baku Beres, Perumda Tirta Pakuan Percepat Kerja Sama Pemanfaatan WTP Unitex

“Nantinya apabila diperlukan, mobil tangki milik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor siap bergerak ke titik-titik pelanggan yang melakukan permintaan air bersih. Tetapi sejauh ini pasokan masih aman,” tukasnya.

Sementara itu, Manager Humas dan Pelayanan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Sonny Hendarwan menuturkan, untuk armada tangki akan terus disiagakan meski pasokan air bersih ke pelanggan sudah kembali normal.

“Pelanggan yang membutuhkan pasokan air bersih melalui tangki dapat menghubungi Call Center 24 jam di nomor 0251-8324111 atau chat WA 08111182123,” pungkasnya. (ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.