Kena Tipu Pinjol, Warga Parung Lapor Polisi

by -

METROPOLITAN – Kena tipu pinjaman online (pinjol) puluhan juta rupiah, warga Desa Parigimekar lapor ke Polsek Parung. Aisyah (22), jadi korban penipuan men­gatasnamakan salah satu aplikasi pinjol yang berbasis platform kredit pinjaman uang dan barang.

Aisyah mengaku kerugian yang dialami mencapai pu­luhan juta rupiah. ”Saya di­telepon oleh orang yang mengaku sebagai orang pin­jol. Bilangnya saya akan dapat hadiah. Tapi tanpa disadari ternyata saya ditipu dan me­minta kode OTP,” ujar Aisyah

Suami korban melaporkan kejadian itu kepada pihak berwajib, kemarin. Saat di­konfirmasi, Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Parung Aiptu Undang membenarkan kejadian yang dialami korban adalah peni­puan. ”Benar, korban sudah melaporkan kejadian ini dan sudah kami buatkan BAP-nya,” katanya.

Baca Juga  Kapolsek Caringin bakal Tindak Tegas Pinjol Ilegal

Undang juga mengimbau masyarakat agar lebih berha­ti-hati menggunakan smart­phone. Sebelumnya, akhir tahun lalu Polres Bogor sudah mengamankan dua tersang­ka karyawan pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat. Da­lam penagihannya disertai pengancaman melalui apli­kasi pesan WhatsApp.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, kasus ini ber­mula dari laporan masyarakat yang merasa terancam dengan penagihan dari pinjol. Polisi yang melakukan penyelidikan akhirnya menangkap dua pelaku, yakni pria berinisial SS (21) dan wanita berinisial SW (23) dari lokasi berbeda. ”(Tersangka, red) SS kita da­patkan di wilayah Depok dan tersangka SW di wilayah Ba­tam,” kata Harun.

Hasil pemeriksaan penyidik, kedua tersangka tersebut me­miliki peran berbeda. Ter­sangka SS berperan sebagai penagih utang dengan cara meneror atau mengancam korbannya untuk bayar, se­dangkan SW sebagai pener­jemah dari bos perusahaan tersebut yang merupakan warga negara asing. (khr/c/els/run)

Baca Juga  Diteror Pinjol, Ibu Dua Anak Gantung Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published.