Keren.. SMAN 4 Kota Bogor Sabet Penghargaan Adiwiyata Nasional

by -
Dok. Prokompim Kota Bogor

METROPOLITAN.id – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kota Bogor yang berlokasi di Jalan Dreded, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, berhasil meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional.

Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) diserahkan secara simbolis Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi istrinya Yane Ardian di SMAN 4 Kota Bogor, Senin (24/1/2022).

Apresiasi diungkapkan Bima Arya, atas prestasi yang diraih SMAN 4 Kota Bogor dari pemerintah pusat berupa penghargaan kepada sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Untuk itu diharapkan guru, para siswa dan warga SMAN 4 Kota Bogor semakin peduli kepada lingkungan, kebersihan dan kesehatan. Sebab, semakin bersih lingkungannya, maka tambah sehat para siswanya, tambah maju prestasinya dan siswanya bisa diterima di universitas yang dituju.

Baca Juga  Hadiri Tempo-BNI The Bilateral Forum 2022, Airlangga Sebut Tantangan Besar Majukan Perekonomian Indonesia

Selain apresiasi, Bima Arya menitipkan pesan kepada semuanya untuk tetap hati-hati dan patuh pada protokol kesehatannya yang ditetapkan, mengingat kondisi saat ini belum aman. Bahkan, ada sedikit kenaikan kasus Covid-19, tapi diharapkan dapat terkendali.

“Jangan lupa selalu menggunakan masker dan jangan dilepas. Terus berprestasi, mengharumkan SMAN 4 dan Kota Bogor. Setiap langkah yang kalian ambil menentukan masa depan kalian, karena masa depan itu disiapkan bukan dinantikan, dijemput bukan ditunggu. Masa depan hanya dimiliki oleh orang-orang yang menyiapkan dari sekarang,” jelasnya.

Tak hanya itu, ia juga menghimbau dan mengajak para siswa untuk menjaga fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada di Kota Bogor.

Baca Juga  Sopir Kaget, Penumpang Bingung

Sementara itu, Yane Ardian, alumni SMAN 4 Kota Bogor tahun 1997 yang mendampingi Bima Arya pada kesempatan tersebut menyampaikan hasil penelitian tesisnya yang dilakukan beberapa tahun lalu terkait ketangguhan anak remaja di Kota Bogor.

“Harusnya hasil penelitian ini saya sampaikan tahun 2019 karena pandemi dan yang lainnya, jadi baru sekarang saya bisa menyampaikannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengukur ketangguhan anak remaja di Kota Bogor.

Saya melihat dari sisi interaksi komunikasi antar orang tuanya, antara orang tua dengan anaknya dan interaksi sesama teman. SMAN 4 Kota Bogor menjadi salah satu lokus penelitian disamping SMA sederajat lainnya, dimana yang memiliki dimensi persahabatan yang sangat baik sekali,” papar Yane.

Kepada para siswa SMAN 4 Kota Bogor khususnya dan remaja Kota Bogor umumnya, Yane menyampaikan walaupun ada persoalan di keluarga, ketangguhan anak remaja di Kota Bogor tetap terjaga karena memiliki pergaulan dan teman-teman yang baik.

Baca Juga  Satgas Covid-19 Geber Vaksinasi di Kawasan Puncak

“Karena itu penting bagi anak remaja untuk pandai memilih teman karena dapat mempengaruhi masa depan. Karena teman yang baik dapat mendukung dalam meraih cita-cita dan teman yang tidak baik akan memperlambat, bahkan tidak membantu dalam meraih cita-cita,” tegas Yane.

Kepala SMAN 4 Kota Bogor, Emi Rosmiami mengungkapkan, ke depan SMAN 4 Kota Bogor akan terus berkomunikasi dan berusaha dengan pihak-pihak terkait, mulai dari aparatur wilayah dan dinas terkait guna meraih penghargaan Adiwiyata yang lebih tinggi lagi, yaitu Adiwiyata Mandiri. (*/ryn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *