KONI Kabupaten Bogor Diminta Berbenah

by -

METROPOLITAN – Pelaks­anaan Pekan Olahraga Pro­vinsi (Porprov) XIV Jawa Ba­rat (Jabar) 2022 secara resmi sudah diundur dari Juli men­jadi November 2022. Peng­unduran jadwal pelaksanaan pesta olahraga terbesar di Jabar itu, tentunya akan ber­dampak plus-minus bagi kesiapan semua atlet dari semua cabang olahraga (cabor) masing-masing kontingen peserta Porprov XIV Jabar 2022.

Ketua Umum Wushu Kabu­paten Bogor Fitri Putra Nugra­ha yang akrab disapa Nungki, mengaku tak mau bicara ke belakang atau bicara negatif terkait penundaan Porprov XIV Jabar 2022. Menurutnya, langkah yang harus dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bogor saat ini harus memas­tikan kesiapan KONI dalam melakukan tes parameter kepada semua atlet dari semua cabor.

“Tes parameter ini sangat penting. Apalagi, kita punya waktu sepuluh bulan menu­ju Porprov XIV Jabar 2022,” kata Nungki, Senin (17/1).

Baca Juga  Koni Sepakat tak Saling ’Mengganggu’ Atlet

Nungki menjelaskan tes pa­rameter punya arti penting karena bisa jadi patokan men­gukur standar kualitas atlet.

Selain itu, sambung Nungki, tes parameter ini akan jadi pedoman bagi KONI ataupun kontingen dalam melihat sejauh mana perkembangan para atletnya yang akan di­terjunkan dalam even olah­raga.

Artinya, lanjut Nungki, ca­paian prestasi yang akan diraih para atlet itu tak akan beda jauh dengan apa yang diha­silkan saat mengikuti tes pa­rameter.

“Hasil tes parameter ini nantinya bisa jadi bahan eva­luasi untuk meningkatkan kualitas atlet sebelum menu­ju hari pelaksanaan pertan­dingan pada Porprov XIV Jabar 2022,” bebernya.

Karena Porprov XIV Jabar akan digelar November 2022, ia menilai harusnya KONI Kabupaten Bogor bisa dua kali menggelar tes parameter.

Baca Juga  Pemkot Siap Gelontorkan Bonus Ratusan Juta

Untuk tes parameter per­tama dilakukan sekitar Fe­bruari atau Maret. Sedangkan tes parameter yang kedua bisa dilakukan sekitar Agustus atau September 2022.

“Saya tidak tahu apakah KONI Kabupaten Bogor sudah mem­buat program tes parameter atau belum. Yang jelas ini sangat penting karena bisa mengetahui kondisi atau per­kembangan para atlet,” tegas­nya.

Nungki berharap KONI Ka­bupaten Bogor sudah men­data dan mempersiapkan kebutuhan atlet atau perlen­gkapan pertandingan semua cabor dari sekarang.

Ia menambahkan, KONI Kabupaten Bogor juga harus lebih memerhatikan kesejah­teraan para atlet, nutrisi, dan vitamin para atlet yang akan bertanding di arena Porprov XIV Jabar 2022 mulai saat ini.

“Intinya kepastian soal ke­sejahteraan atlet itu sangat penting saat ini karena akan jadi motivasi yang tinggi bagi para atlet,” tuturnya.

Baca Juga  Songsong Porda, KONI Sowan ke Bima Arya

Menurutnya, rentang waktu sepuluh bulan menuju Porprov XIV Jabar 2022, KONI harus lebih membangun sinergi dan mau mendengar aspirasi se­mua cabor. Jika KONI mau tanya satu per satu semua cabor saat BK Porprov XIV Jabar 2022 lalu, semuanya pasti akan menyatakan kelu­han dan jeritan yang sama.

“Banyak pengurus cabor atau pelatih sudah lebih dari satu kali ikut porprov atau porda. Namun pengurus KONI mun­gkin baru ada yang satu kali ikut dalam menangani kegia­tan persiapan Porda atau Porprov Jabar,” tandasnya. (suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published.