Kota Bogor Sabet Juara 2 P2WKSS dan Harapan 1 Lomba Posyandu

by -

Metropolitan – Lomba program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Kategori Kota Tahun 2021 tingkat Provinsi Jawa Barat yang diwakili RW 03 Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, akhirnya keluar sebagai Juara 2.

Penyerahan penghargaan tersebut diterima langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor, Iceu Pujiati yang diserahkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya pada puncak peringatan Hari Ibu ke-93 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Rabu (22/12/2021).

Selain Juara 2 P2WKSS, Kota Bogor juga menyabet Harapan 1 Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 untuk Kategori Kota yang lokasinya di Posyandu Anggrek, Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat.

Kepala DP3A Kota Bogor, Iceu Pujiati mengucapkan rasa syukur karena Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan mewakili Kota Bogor menyabet Juara 2.

“Tentunya keberhasilan ini merupakan hasil dari keseriusan, kerja keras, semangat dan kolaborasi yang dilakukan oleh semua unsur, baik dari unsur pemerintah, swasta (stakeholders) dan unsur masyarakat RW 03 Kelurahan Bojongkerta (warga binaan P2WKSS),” katanya.

Program P2WKSS kata Iceu, merupakan program terpadu dalam rangka untuk menanggulangi masalah kemiskinan, pemberdayaan ekonomi, sosial yang lebih ditujukan kepada peningkatan peranan wanita untuk menuju kepada keluarga yang sehat sejahtera

“Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan P2WKSS di lokasi Kampung Bojong Pasantren RW 03, Kelurahan Bojongkerta ini sangat mendapat respon yg sangat baik dari para tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga yang menjadi lokasi kegiatan P2WKSS, sehingga intervensi kolaborasi dari seluruh unsur dapat dilaksanakan secara baik bahkan banyak inovasi-inovasi yang datang dari masyarakat itu sendiri,” kata Iceu.

Iceu menyebutkan seluruh OPD sesuai fungsinya memberikan intervensi dalam perbaikan infrastruktur, pelatihan menjahit, tata boga, pembentukan KWT, pembinaan PAUD, Posyandu dan lainnya. Dalam kegiatan P2WKSS ini juga dilaksanakan Program kegiatan Provinsi Jawa Barat yaitu SEKOPER CINTA (Sekolah Perempuan Gapai Impian dan Cita-cita) untuk 100 KK binaan.

Adapun pihak swasta yang turut serta berkolaborasi di lokasi binaan P2WKSS seperti PT FIF, PT Yamaha, PT Mayora, Booz Food, PT Yudistira, CV Minaqu, CV Mirasari, Tempe Movement, Bank BJB dan Bank Kota Bogor serta CSR dari perorangan.

Alasan dipilih Kelurahan Bojongkerta sebagai lokasi P2WKSS dikarenakan di Kelurahan tersebut masih banyak permasalahan-permasalahan di sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan dan kesejahteraan “Jadi indikator dari pelaksanaan P2WKSS ini ada di Bojongkerta,” jelasnya.

Dia berpesan agar pasca lomba, lokasi P2WKSS harus tetap diperhatikan, ditindaklanjuti, bahkan harus tetap berkolaborasi, berkolaboraksi dan berinovasi sehingga lokasi ini tetap menjadi lokasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakatnya.

“Saya titip betul kepada para lurah bahwa pasca lomba harus terus berkelanjutan dan tetap menjadi tanggung jawab kita semua,” tegasnya.

Mengenai capaian Harapan 1 Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat diakuinya masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diperbaiki.

Peningkatan Penguatan kelembagaan mulai dari Pokjanal Posyandu TK Kota, Pokjanal Posyandu TK Kecamatan sampai Pada Pokja Posyandu TK Kelurahan

Leave a Reply

Your email address will not be published.