Mahasiswa Unida Bantu Produktivitas Pabrik Tahu Sumedang

by -

METROPOLITAN – Kelom­pok 2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Teknik dan Ilmu Pangan Halal (Ftiphal) Unida Bogor mengadakan kegiatan untuk mengoptima­lisasi sumber daya dari pabrik tahu sumedang.

Pabrik Tahu Sumedang Bumi Armasta merupakan pabrik yang menjadi tempat KKN dari Kelompok 2 KKN dari Ftiphal Unida yang be­ranggotakan Ani Indriani, Daniel Haganta, Inna Anzal Fazri, Muhammad Eki, Nin­dita Eka, Nuraeni Apsyah dan Octaviany Saragih. Kelompok KKN ini dibimbing Distya Riski.

Pabrik Tahu Sumedang Bumi Armasta adalah se­buah pabrik tahu yang ber­lokasi di Jalan Raden Kan’an Nomor 3, Tanah Baru – Bogor Utara, Kota Bogor. Adapun program KKN ini dilangsung­kan pada 25 September 2021 hingga 05 Desember 2021 dan berlangsung delapan perte­muan.

Baca Juga  Pemuda Turun Tangan Bukan Urun Angan

Pertemuan tersebut men­cakup tiga hal utama, yaitu optimalisasi kondisi pabrik yang dilakukan secara langs­ung di dalam pabrik, sosia­lisasi cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga (CPPB-IRT) dan sosialisasi sertifikat halal yang keduanya dilakukan secara daring.

Kegiatan optimalisasi kon­disi pabrik dilakukan dengan berbagai macam kegiatan, seperti membersihkan pabrik dan penambahan beberapa peralatan dan fasilitas yang dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi pada proses produksi, seperti pemberian penutup lampu dan pembe­rian tempat untuk menyim­pan garam.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi dilakukan dua hari, yaitu pada tanggal untuk sosialisasi CPPB-IRT dan pada tanggal untuk Sosiali­sasi Sertifikat Halal. Sosiali­sasi CPPB-IRT disampaikan salah seorang mahasiswi Ftiphal Unida dan diikuti seluruh anggota kelompok beserta dengan karyawan dari Pabrik Tahu Bumi Ar­masta.

Baca Juga  144 Praktisi Dunia Berbagi Ilmu

Sedangkan untuk sosiali­sasi sertifikat halal disampai­kan Lia Amalia yang mewa­kili Direktorat Komunikasi LPPOM MUI. Sosialisasi berjalan secara dua arah dan para peserta terlihat sangat antusias dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap materi yang disam­paikan.

Melalui kegiatan ini, Kelom­pok 2 KKN Ftiphal Unida mengharapkan agar Pabrik Tahu Sumedang Bumi Ar­masta dapat lebih mengop­timalisasi setiap sumber daya yang dimilikinya, sehingga dapat menghasilkan produk tahu Sumedang yang bersaing baik secara lokal maupun internasional.

Dalam pertemuan terakhir, Kelompok 2 KKN dari Ftiphal Unida mengucapkan terima kasih kepada Pabrik Tahu Sumedang Bumi Armasta atas kesempatan yang sudah di­berikan. (rb/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published.